Proses Clean Up Paparan Radiasi Hari Kelima Kembali Dihentikan

Keamanan  SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 17:35:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Proses <i>Clean Up</i> Paparan Radiasi Hari Kelima Kembali Dihentikan

Clean up tim Gegana KBR Polda Metro Jaya/LAN

RMOLBANTEN. Proses clean up atau pengerukan tanah di hari ke-5 yang dilakukan tim Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) di Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangsel kembali dihentikan karena hujan, Senin (17/2).

Menurut Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Batan, Heru Umbara kondisi hujan memang menjadi kendala teknis tim untuk melakukan proses clean up.

"Karena kondisi yang tidak memungkinkan, akhirnya hari ini kita tunda kembali karena kondisi hujan," ujar Heru dilokasi, Senin (17/2).

Meski dihentikan, tim Bapeten, Batan dan Gegana Kimia Biologi Radioaktif (KBR) Polda Metro Jaya akan tetap melakukan mapping area untuk mengecek paparan radioaktif di tanah seluas 10x10 meter. Dengan begitu, target proses clean up akan cepat selesai sebelum dari target yakni 20 hari.

"Nanti akan diliat dari mapping yang ada, setelah selesai clean up. Abis clean up ambil tanah, berhenti, mapping lagi. Prediksi kita tetap 20 hari. Kalau bisa diselesaikan sebelum 20 hari, Alhamdulillah," paparnya.

Lanjut Heru, besok akan kembali dilakukan clean up area dan berharap kondisi cuaca mendukung, sehingga proses clean up berjalan dengan lancar.

"Selanjutnya sama, dengan program selanjutnya, kami akan melanjutkan clean up. Pagi besok clean up sesuai jadwal. Mudah-mudahan cuaca lebih bagus dari 2 hari lalu, sehingga proses clean up berjalan dengan cepat," ungkap Heru.

Heru juga menegaskan, proses clean up dihentikan karena mempertimbangkan keselamatan tim. Terlebih, jika tanah yang menempel dan menjalar ke jalan akan sangat berbahaya.

"Kenapa kita tim Batan menyatakan proses clean up dihentikan. Seperti yang disampaikan di awal, hujan akan menyulitkan kita dalam melakukan clean up, terutama dalam melaksakan pengerukan. Selain itu ada faktor keselamatan juga yang kita pertimbangkan, terutama banyaknya genangan air yang ada di lokasi. Sehingga kami dengan Bapeten sudah diputuskan proses clean up akan diteruskan besok pagi jam 9," tegas Heru. [ars]

Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

SABTU, 08 FEBRUARI 2020 , 17:58:00

Kabinet Terpapar Corona<i>?</i>

Kabinet Terpapar Corona?

MINGGU, 15 MARET 2020 , 02:25:00

The ads will close in 10 Seconds