Tanam Mangrove Di Mauk, Andika: Sejalan Dengan Concern Pemprov

Kabupaten Tangerang  SABTU, 22 FEBRUARI 2020 , 02:19:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Tanam Mangrove Di Mauk, Andika: Sejalan Dengan Concern Pemprov

Tanam mangrove di Mauk Tangerang/Repro

RMOLBANTEN. Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Jumat (21/2), mendampingi Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menanam Mangrove di pesisir pantai Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Andika menyebut yang dilakukan TNI dan Polri tersebut sejalan dengan concern Pemprov Banten selama ini.

"Reboisasi pesisir ini memang concern pemprov sejak lama, mengingat sebagian besar wilayah Banten juga kan daerah pesisir yang masyarakatnya sangat tergantung dengan kondisi baik dari pesisir di mana mereka tinggal," tearang Andika.

Hadir Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Kepala BNPB Doni Mordano, Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso dan Bupati Tangerang Ahmed Zali Iskandar.

Andika mengatakan, Provinsi Banten memiliki payung hukum dalam pemberdayaan dan perlindungan masyarakat pesisir terutama para nelayan, dengan telah dimilikinya Perda penyelenggaraan perlindungan dan pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.
    
Kata dia, Perda tersebut menjadi dasar hukum bagi pemerintah Provinsi Banten untuk berperan mewujudkan perlindungan dan pemberdayaan pada masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil yang merupakan kewenangan provinsi sesuai lampiran Y Undang-undang No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.
   
Andika mengatakan, sebagaimana diketahui bersama kewenangan provinsi untuk laut dimulai dari 0 mil sampai 12 mil, dengan panjang garis pantai 499,62 kilometer. Maka luas perairan Provinsi Banten yaitu 11.091.564 kilometer persegi.
   
"Secara administratif dari 37 kecamatan etrdapat 133 desa pesisir yang sebagian masyarakatnya mencari nafkah bersumber dari laut," kata Andika.
  
Sehingga, keberadaan Perda tersebut menjadi acuan untuyk provinsi dalam menyusun program yang dibutuhkan masyarakat di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.
    
Sementara itu, Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan, selain menanam pohon mangrove, dalam kegiatan bertajuk Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Pemberdayan Masyatakat Pesisir itu Polri bersama TNI dan KKP juga menebar benih ikan.

"Seluruh Indonesia secara serentak TNI-Polri dibantu KKP melaksanakan penanaman mangrove sejumlah 360.000 pohon dan penebaran ikan, udang. Jadi kegiatan yang dilakukan di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, ini hanya simbolis saja," demikian Idham. [dzk] 


Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

SABTU, 08 FEBRUARI 2020 , 17:58:00

Kabinet Terpapar Corona<i>?</i>

Kabinet Terpapar Corona?

MINGGU, 15 MARET 2020 , 02:25:00

The ads will close in 10 Seconds