Siap Hadapi Gugatan Pilkada, KPU Gandeng Kejari Tangsel

Politik  RABU, 26 FEBRUARI 2020 , 01:14:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Siap Hadapi Gugatan Pilkada, KPU Gandeng Kejari Tangsel

MoU Kejari dengan KPU Tangsel/LAN

RMOLBANTEN. Jelang pelaksanaan Pilkada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangsel sebagai lembaga hukum pemerintah untuk membantu jika terjadi gugatan.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan atau Momerandum of Understanding (MoU) kedua belah pihak yang ditandatangani langsung oleh Ketua KPU Tangsel Bambang Dwitoro dan Kepala Kejari Tangsel Nur Erlina Sari di Gedung KPU Tangsel, Setu, Tangsel, Selasa (25/2).

Ketua KPU Tangsel, Bambang Dwitoro mengatakan, dalam hasil Pilkada Tangsel tentunya akan rentan dengan gugatan dari pihak lain. Maka dari itu, Kejari Tangsel diharapkan bisa membantu menangani gugatan tersebut.

"Dalam perhelatan Pilkada tentunya setiap keputusan KPU sebagai penyelenggara bisa saja ada gugatan dari pihak lain, misalnya pada pencalonan itu ada Surat Keputusanya kalau SK itu digugat maka nanti dari kejaksaan itu membantu kita menjadi jasa pengacara negara untuk membantu kita," ungkap Bambang.

Dalam hal ini, Bambang memberikan contoh pada 2014 lalu yakni pada saat SK KPU sempat digugat, karena ada sengketa antara Caleg. Maka ketika itu KPU membutuhkan bantuan hukum.

"Pada 2014 lalu karena Tangsel belum punya kejaksaan sendiri. Dan ketika ada sengketa kita bolak balik ke pengadilan sendiri. Alhamdulillah sekarang kita sudah punya kejaksaan dan dengan MoU ini akan sangat membantu kedepannya," ujarnya.

Sementara itu Kajari Tangsel, Nur Erlina Sari mengatakan, dengan MoU ini Kejari Tangsel akan mendampingi KPU sebagai lembaga negara jika terdapat gugatan sesuai dengan fungsinya Kejaksaan yakni memberikan bantuan hukum, pertimbangan hukum, dan pelayanan hukum lainnnya.

"Misalnya nanti KPU kalau ada gugatan, kami selaku jaksa pengacara negara akan mendampingi KPU sesuai dengan tupoksi kami," terang Erlina.

Bahkan, sambung Erlina, jaksa yang dimiliki Kejari Tangsel berkompeten untuk membantu persoalan hukum nantinya. Kendati MoU tersebut sudah disepakati, Erlina berharap agar proses Pilkada Tangsel berlangsung dengan aman dan kondusif tanpa ada persiapan hukum apa pun.

"Semoga saja tidak ada gugatan hukum apa pun. Semoga Pilkada Tangsel berjalan dengan aman dan kondusif. Mari sama-sama kita jaga pesta demokrasi ini," tutupnya. [ars]
 

Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Kabinet Terpapar Corona<i>?</i>

Kabinet Terpapar Corona?

MINGGU, 15 MARET 2020 , 02:25:00

Plt Ketua JMSI Banten Serahkan Piagam Keterbukaan Publik

The ads will close in 10 Seconds