Gagal Umroh, Ribuan Jamaah di Bandara Soetta Dipulangkan

Keamanan  KAMIS, 27 FEBRUARI 2020 , 19:46:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Gagal Umroh, Ribuan Jamaah di Bandara Soetta Dipulangkan

Calon jamaah umroh gagal berangkat/AUL

RMOLBANTEN. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan kepada ribuan calon jamaah umroh yang ditunda keberangkatannya di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (27/2) malam.

Dalam peninjauan tersebut, Menhub mengatakan, saat ini sebagian calon jamaah haji telah difasilitasi untuk pulang ke kampung halaman masing-masing oleh pihak travel dan maskapai.  

"Sudah ada tiga rombongan jamaah yang kembali ke kampung halaman masing-masing pada hari ini, yakni dari Jogjakarta dan Lahat, Sumatera Selatan menggunakan pesawat, sementara dari Temanggung menggunakan bis," kata Menhub.

Saat bertemu dengan beberapa calon jamaah umroh, Menhub mengungkapkan, sebagian besar menerima akan adanya penundaan keberangkatan tersebut. Pasalnya, hal tersebut bukanlah kesalahan dari pihak travel maupun pemerintah Indonesia.

"Saya tadi bertemu dengan beberapa calon jamaah umroh. Alhamdulillah baik travel atau jamaah menerima, apa yang menjadi kenyataan ini walaupun mereka sedikit kecewa," ujar Menhub.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak maskapai, travel, dan pengelola bandara untuk mencarikan solusi atas para calon jamaah umroh yang gagal berangkat tersebut agar tidak terlunta-lunta di terminal.

"Dari diskusi apa yang saya lakukan dengan Angkasa Pura II, maskapai, dan travel, keliatannya kedepan ada jalan yang baik, paling tidak saya mencatat dari Garuda, memberikan opsi kepada jamaah, dia akan reschedule atau refund," kata Menhub.

Meski belum dapat memastikan jumlah calon jamaah umroh yang hari ini gagal berangkat. Namun di Bandara Soekarno-Hatta memperikaran ada sekitar 1.200 calon jamaah haji yang harus kembali ke kampung halaman masing-masing.

"Sampai sejauh ini apa yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta cukup kondusif, oleh karnanya saya berterimakasih kepada Angkasa Pura II dan maskapai yang mmberikan suatu solusi bagi jamaah umroh ini," tambahnya.

Untuk diketahui, gagalnya keberangkatan ribuan calon jamaah umroh ke Tanah Suci lantaran adanya kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang menghentikan penerimaan jamaah umroh secara mendadak. Hal tersebut membuat ribuan calon jamaah umroh tertahan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. [ars]

Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds