Polda Banten Sidak Perusahaan Produksi Masker Tanpa Izin

Keamanan  SABTU, 07 MARET 2020 , 01:33:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Polda Banten Sidak Perusahaan Produksi Masker Tanpa Izin

Polda Banten sidak produksi masker/RAG

RMOLBANTEN. Kepolisian Daerah (Polda) Banten melakukan pengecekan ke PT TGK sebuah pabrik pembuatan masker yang diduga menyalahi aturan produksi di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten.

Sidak ini dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Banten Tim Subbid Indag, berdasarkan  informasi dari masyarakat terkait  adanya kelangkaan masker.

Dirkrimsus Polda Banten Kombes Pol Nunung Syaifudin menuturkan pabrik yang ada di wilayah Kragilan ini, diduga melakukan pelanggaran izin.

"Kami melakukan pengecekan terhadap salah satu pabrik yang ada di wilayah Kragilan ini yang diduga melakukan pelanggaran izin," katanya kepada wartawan, Jumat (6/3).

Secara legalitas, dikatakan Kombes Nunung, pabrik ini, mempunyai ijin importir termasuk mengedarkan barang impor.

Namun, pada nyatanya pabrik ini memproduksi sendiri yang diberi merk sama dengan merk impor.

Lebih lanjut Kombes Pol Nunung, mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen, pabrik tidak memiliki ijin produksi dan izin edar terhadap masker yang beredar di Indonesia.

"Pengepakan dan pengemasan (masker) bisa kita lihat sangat memprihatinkan. Ada kode khusus yang kita pelajari dan ini tidak pada tempatnya," ujar Nunung.

Lanjut nunung menyampaikan kasus ini, saat ini masih dalam penyelidikan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap orang yang ada dan tahu terhadap kegiatan pelanggaran izin ini.  

Bilamana ditemukan bukti permulaan yang cukup, dijelaskan Kombes Pol Nunung, polisi akan melanjutkan ke tingkat penyidikan, lalu akan diterapkan beberapa undang-undang.

"Yang pertama undang-undang kesehatan dengan ancaman 15 tahun dan juga undang-undang perlindungan konsumen yang ancaman hukumannya 5 tahun," tuturnya.

"Saat ini kita sedang mendalami dengan melakukan pemeriksaan kepada staf dan karyawan yang ada di perusahaan ini," demikian Nunung. [ars]

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Rapid Test BIN Di Tangsel

Rapid Test BIN Di Tangsel

KAMIS, 14 MEI 2020 , 13:06:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds