Tangkal Covid-19, Dewan Banten Galakan Berjemur Punggung di Pagi Hari

Kesehatan  RABU, 25 MARET 2020 , 20:43:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Tangkal Covid-19, Dewan Banten Galakan Berjemur Punggung di Pagi Hari

Ilustrasi/Net

RMOLBANTEN. Masyarakat diminta untuk tidak panik dalam menghadapi virus corona-Covid-19. Ada cara yang baik dan terjangkau bisa dilakukan oleh semua warga, yakni dengan cara berjemur punggung diatas sinar matahari pagi.

Anggota DPRD Banten yang juga aktivitis HIV/AIDS, Indah Rusmiati, Rabu (25/3) mengungkapkan sinar matahari pukul 10 pagi dapat mencegah masuknya virus corona kedalam tubuh manusia.

"Mentari pagi itu sangat baik untuk tubuh kita disaat kondisi seperti ini (pandemi Covid-19), karena sinar matahari dipagi hari mengandung ultraviolet D2 yang dapat mengubah kolesterol tubuh menjadi vitamin D3. Ini sangat bagus untuk kekebalan tubuh dan tulang," jelas Indah.

Ia menjelaskan dengan berjemur dibawah sinar matahari selama 10 menit sudah diakui secara medis dapat menangkal semua virus jahat.

"Kita sangat beruntung berada digaris khatulistiwa, sehingga sangat mudah mendapatkan ultraviolet D2. Jadi jangan sia-sia kan untuk tidak berjemur dipagi hari," ujarnya.

Selain itu pula, Indah menyarankan agar warga lebih banyak minum air mineral yang baik untuk tubuh dan juga menjaga hati.

"Dan jangan lupa juga ya bawa air mineral dan diminum tiap 15 menit agar tenggorokan tidak kering serta selalu menjaga hati kita agar tidak dikuasai kecemasan dan ketakutan yang berlebihan," lanjut Indah.

"Warga seharusnya mendapat pemahaman yg baik bukan malah semakin panik. Karena kepanikan warga akan membuat keadaan semakin tidak kondusif. Sehingga akan mengganggu psikiatisnya yang berakibat kekebalan tubuh akan menurun drastis," sambungnya.

Selain itu anggota dewan tersebut memberikan saran agar masyarakat membiasakan hidup sehat agar tidak terinfeksi Covid-19.

"Dalam hal ini sebaiknya warga mulai hidup lebih sehat, sering-sering cuci tangan dan sebisa mungkin untuk tidak menyentuh muka ketika tangan tidak bersih. Kalo tidak ada hand sanitizer cukup air dengan sabun, semua sabun cukup untuk bisa mematikan virus yang diluar badan kita," papar Indah.

Kepala pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banten, Nana Suryana, mengungkapkan, pihaknha akan menyelenggarakan Apel Siaga Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 guna mempercepat penanganan virus corona di Wilayah Banten yang penyebaran terus meningkat.
   
"Kegiatan ini berdasarkan surat Keputusan Gubernur Nomor 443/Kep.120-Huk/2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kegiatan apel ini akan dilaksanakan pada Kamis, 26 Maret 2020 di Lapangan Masjid Al Bantani KP3B pukul 09.00 sampai dengan selesai," jelas Nana. [ars]
   
 

Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

SABTU, 08 FEBRUARI 2020 , 17:58:00

Kabinet Terpapar Corona<i>?</i>

Kabinet Terpapar Corona?

MINGGU, 15 MARET 2020 , 02:25:00

The ads will close in 10 Seconds