COVID-19

Roy Suryo: Triliunan Untuk APD Dan Gratiskan Listrik, Jangan Sampai Diralat Jubir Lagi Ya

Politik  RABU, 01 APRIL 2020 , 08:33:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Roy Suryo: Triliunan Untuk APD Dan Gratiskan Listrik, Jangan Sampai Diralat Jubir Lagi Ya

Roy Suryo/Net

RMOLBANTEN. Gelontoran dana tambahan belanja dan pembiayaan APBN 2020 untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp 405,1 triliun yang diumumkan Presiden Joko Widodo mendapat banyak pujian.

Dalam gelontoran itu ada alokasi dana sebesar Rp 110 triliun untuk social safety net. Di mana salah satu sasaranya adalah untuk pembebasan biaya listrik 3 bulan untuk 24 juta pelanggan listrik 450 VA, dan diskon 50 persen untuk 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi.

Selain itu ada sebanyak Rp 75 triliun akan dialokasikan untuk bidang kesehatan.

Pembelian alat pelindung diri (APD) bagi dokter dan perawat adalah menjadi prioritas dari anggaran bidang kesehatan itu.

"Perlindungan tenaga kesehatan, terutama pembelian APD," kata Jokowi di Istana Bogor, Selasa (31/3).

Menanggapi itu, pemerhati public health Roy Suryo menyampaikan rasa terima kasihnya atas kebijakan tersebut.

Hanya saja, dia memberi catatan agar kebijakan itu tidak diralat.

"Baik Pak Jokowi, tetap kita ucapkan terima kasih, meski Jangan sampai diralat lagi oleh jurubicara ya," terang Menteri Pemuda dan Olahraga era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Twitter pribadinya, Rabu (1/4).

Keinginan rakyat kata Roy Suryo, dalam menghadapi wabah virus corona atau Covid-19 sederhana. Rakyat tidak mau dipusingkan oleh perang istilah, baik itu lockdown, pembatasan sosial berskala besar (PSBB), atau apapun.

"Rakyat (hanya) tahu semua bahwa sesuai UU, negara wajib melindungi rakyat, bukan menghindar apalagi memusuhi,” terangnya.

Postingan berikutnya, Roy Suryo kemudian menyentil kualitas Jubir yang dianggapnya tidak mumpuni dalam menyampaikan soal bidang kesehatan ini  

"Kalau melihat bagaimana sangat terbata-batanya Jubir Fadjroel Rahman ketika menjawab pertanyaan Karni Ilyas di ILC. Sangat wajar apabila PP 21/2020, Keppres Kedaulatan KesMa & PerPPU yg dikeluarkan tidak tersosialisasikan dengan baik ke Masyarakat," demikian Roy Suryo. [dzk]  

Komentar Pembaca
Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

KAMIS, 09 APRIL 2020 , 00:15:00

Rush Money Bank Banten

Rush Money Bank Banten

KAMIS, 23 APRIL 2020 , 17:28:00

Check Poin Kota Tangerang

Check Poin Kota Tangerang

SABTU, 18 APRIL 2020 , 02:03:00

The ads will close in 10 Seconds