COVID-19

Syarat PSBB Untuk Kota Serang Belum Terpenuhi, Cocoknya Karantina Wilayah

Kota Serang  RABU, 01 APRIL 2020 , 22:56:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Syarat PSBB Untuk Kota Serang Belum Terpenuhi, Cocoknya Karantina Wilayah

Foto: Net

RMOLBANTEN. Kota Serang belum masuk kriteria Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sehingga PSBB di kota ini belum perlu diterapkan.

Demikian disampaikan Jurubicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Serang Hari W Pamungkas, Rabu (1/4).

Menurut Hari, ada dua kriteria dalam penerapan PSBB sesuai PP 21 tahun 2020 yang harus dipenuhi jika Kota Serang ingin menerapkan PSBB.

"Kriteria pertama jumlah kasus atau jumlah kematian akibat kasus yang meningkat signifikan dan cepat. Kriteria kedua yaitu adanya kajian epidemiskologi dari kejadian serupa atau kejadian di daerah lain," ujarnya.  

Hari menambahkan, selain rekomendasi Kemenkes juga harus ada pertimbangan dari aparat hukum setempat untuk diterapkan PSBB.

Sejauh ini, meskipun sekolah sudah belajar dari rumah dan kegiatan bekerja sudah dibatasi tapi belum bisa disebut penerapan PSBB.

"Sudah dilakukan bertipe liburan sekolah dan kerja dari rumah, tapi belum peliburan total. Kalau bekerja, pembatasan kegiatan agama juga sudah ada fatwa dari MUI tapi keputusan atau surat edaran dari kepala daerahnya belum ada," terangnya.

Bahkan, kegiatan masyarakat juga belum secara total dihentikan. Saat ini hanya bentuk imbauan physical distancing dan untuk Kota Serang sendiri hanya penutupan Alun-alun Kota Serang yang menjadi fasilitas publik.

"Jadi belum semua dilakukan karena kriteria nya berat harus dapat rekomendasi dari Menkes. Belum memenuhi kriteria, kajian epidemiskologi nya juga harus dilakukan," ujarnya.

Sementara itu politisi PKS Hasan Basri menuturkan belum mengarah ke karantina wilayah tapi memang harus disiapkan misalkan suatu saat keadaan semakin gawat.

"Harus disiapkan untuk karantina wilayah, kajiannya harus  komprehensif terutama untuk pangan untuk kesehatan karena khawatir memicu gejolak sosial," ujarnya.

Pihaknya mengaku akan mendorong ke arah karantina wilayah ketika kondisinya  sudah tidak terkendali yang penting kajiannya konferhensip.  

"Kalau kemarin kajian dari komisi II kekuatan ekonomi kota Serang memungkinkann untuk karantina wilayah," pungkasnya. [dzk]

Komentar Pembaca
Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

KAMIS, 09 APRIL 2020 , 00:15:00

Rush Money Bank Banten

Rush Money Bank Banten

KAMIS, 23 APRIL 2020 , 17:28:00

Check Poin Kota Tangerang

Check Poin Kota Tangerang

SABTU, 18 APRIL 2020 , 02:03:00

The ads will close in 10 Seconds