Cegah Wabah Corona, Pintu Masuk Ke Pandeglang Dijaga Ketat

Kabupaten Pandeglang  KAMIS, 02 APRIL 2020 , 20:36:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Cegah Wabah Corona, Pintu Masuk Ke Pandeglang Dijaga Ketat

Penumpang angkot dicek suhu tubuh/MUL

RMOLBANTEN. Menindaklanjuti keputusan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tentang Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Pemerintah Kabupaten Pandeglang bersama dengan Polres Pandeglang akan memfilter orang  masuk atau keluar yang menggunakan moda transfortasi umum di tiga wilayah perbatasan.

Ketiga wilayah yang dijaga ketat ini yakni di Kecamatan Cadasari yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Serang, Kecamatan Carita dan Kadubanen.

"Pemkab Pandeglang akan menurunkan beberapa petugas, seperti Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kesehatan dan pihak kepolisian untuk menscreening  orang yang masuk serta keluar wilayah Pandeglang," ungkap Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat menggelar Apel kesiapsiagaan pasukan di Polres Pandeglang, Kamis (2/4/2020).

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, personil yang bertugas melakukan screening di tiga titik perbatasan harus dalam kondisi sehat.

"Sebelum penugasan personil ini harus di cek dulu kesehatannya sehingga dia bisa bekerja dengan optimal," kata Irna.

Irna juga meminta, puskesmas setempat yang terdekat dengan perbatasan harus diatur jam kerjanya untuk mengantisipasi jika ada pemudik yang harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Silahkan pergunakan shift, jadi bisa dibagi tugas," ucapnya.

Dikatakan Irna, data dari hasil pengecekan bisa disampaikan ke Dinas Kesehatan, karena kata dia sumber data harus satu pintu dari Dinkes.

"Kalo kordinasi silahkan lakukan per menit sehingga datanya terus update," Pungkasnya.

Sebelum melaksanakan filterisasi di tiga titik yaitu Gayam, Kadubanen, dan Carita, dilakukan apel pasukan di Polres Pandeglang.

Kapolres Pandeglang AKBP Sofwan Hermanto mengatakan, mengatakan hal yang sama dengan Bupati Pandeglang jika personil yang ditugaskan dalam operasi PSBB harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.

"Ini merupakan operasi kesehatan, kondisi tubuh harus menjadi perhatian khusus jangan diabaikan untuk para personil," katanya.

Kapolres berharap pemeriksaan harus detil namun tetap mengedepankan sopan santun.

"Mereka harus kita perlakukan dengan baik, karena tujuan kita ingin mereka sehat," ujarnya

Ia menekankan, apabila ditemukan ada suhu diatas normal, bisa dilakukan pengecekan lanjutan. "Kalau harus dilakukan pemeriksaan lanjut bisa dibawa puskesmas terdekat," tutupnya. [ars]

Komentar Pembaca
Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

KAMIS, 09 APRIL 2020 , 00:15:00

Rush Money Bank Banten

Rush Money Bank Banten

KAMIS, 23 APRIL 2020 , 17:28:00

Check Poin Kota Tangerang

Check Poin Kota Tangerang

SABTU, 18 APRIL 2020 , 02:03:00

The ads will close in 10 Seconds