Hina Profesi Wartawan Di Medsos, Akun @jisatriap Sampaikan Video Permohonan Maaf

Hukum  SABTU, 04 APRIL 2020 , 01:07:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Hina Profesi Wartawan Di Medsos, Akun @jisatriap Sampaikan Video Permohonan Maaf

Foto: Repro

RMOLBANTEN. Situasi darurat bencana pandemi Covid-19 di Indonesia, pemerintah, tokoh agama, medis, masyarakat dan pers berkontribusi dengan perannya masing-masing.

Tidak dinafikan banyak sekali pesan berantai yang belum tentu benar atau hoaks ditengah situasi pandemik corona.

Selain  medis, media mempunyai fungsi yang sangat penting baik sebagai kontrol maupun sebagai penyampai informasi ke masyarakat.

Para wartawan ini di tengah pandemik Covid-19 rawan terpapar. Walau sudah ada anjuran oork from home (WFH), tapi insting wartawan untu tetap turun lapangan sesuatu yang tidak isa ditawar.

Namun ada saja oknum netizen yang melecehkan profesi wartawan.

Dalam video yang diunggah akun instagram @kabartangsel, yang menautkan Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany untuk mengajak rekan-rekan wartawan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk turut serta memutus mata rantai Covid-19.

Namun, dalam unggahan video tersebut muncul komentar dari akun @jisatriap yang justru menghina profesi wartawan dengan kata-kata yang tidak pantas. Dengan menyebut wartawan banyak yang to**l.

Komentar itu kemudian ditangkap pertama kali oleh admin Instagram Kantor Berita RMOLBanten @rmolbanten yang mempertanyak maksud ucapannya.

Kemudian selanjutnya admin @kabartangsel memverivikasi admin @jisatriap sampai ke tempat pekerjaannya. Akun tersebut kemudian diperingatkan untuk meminta maaf 2 x 24 jam.

Beragam komentar dukungan terhadap pekerja pers terus mengalir dan sebaliknya mengecam komentar akun tersebut. Bahkan banyak sekali komentar untuk dirinya segera meminta maaf atas komentarnya tersebut.

Dan, pada Sabtu (4/4) dini hari, akun @jisatriap mengunggah video permohonan maafnya kepada wartawan karena telah menghina profesi.

Dalam video dengan durasi total 2 menit 28 detik, pemilik akun yang diketahui memiliki nama lengkap Aji Satria Permana mengungkapkan permohonan maafnya kepada para wartawan yang sudah dihina olehnya.

"Assalamualaikum wr.wb. Selamat malam temen-temen media semuanya. Saya Aji Satria Permana orang yang semalam komen di salah satu postingan media kabar tangsel di instagram dengan komen yang menghina rekan-rekan semua," ujar Aji seperti video yang diunggahnya, Sabtu (4/4).

"Disini saya sadar atas tindakan saya dan saya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya seluas luasnya, karena terus terang dari komen saya itu enggak ada maksud menghina profesi, mengecilkan menjelek-jelekan atau apapun itu, jadi itu spontanitas saja," lanjutnya.

Ia juga beralasan, jika hal tersebut dilakukannya karena sedang dalam kondisi lelah melakukan aktifitas bekerja.

"Karena saya mungkin emosi lelah seharian akfitas jadi spontanitas enggak ada sedikitpun menghina mengejek menjelek-jelekan apapun itu. Ya tapi memang betul di mata kalian seperti itu karena saya selonong boy aja komen kaya gitu, jadi saya sadar mohon dimaafkan utamanya untuk tim redaksi kabar tangsel yang postingannya saya komen mohon maaf," jelas Aji.

Dalam video tersebut juga, Aji berjanji untuk bijak dalam bersosial media dan akan lebih baik dalam menanggapi hal yang bersifat publik.

"Terus saya juga berjanji di masa depan akan lebih berhati-hati lagi, lebih bijak lagi dalam bersosial media, terus juga dalam menganggapi hal hal yang bersifat publik. Jadi, saya mohon maaf sekali," tuturnya.

Aji juga sadar jika perbuatannya telah menyinggung profesi wartawan. Dan, meminta maaf kepada seluruh wartawan.

"Karena saya juga paham kenapa temen-temen media marah, karena ya betul jatuhnya saya menghina profesi, sedangkan saya juga punya profesi dan temen-temen media juga bisa menghina. Jadi saya sadar mohon dimaafkan saya minta maaf yang sebesar-besarnya, saya harap temen-temen media bisa memaafkan saya. Selamat malam, Assalamualaikum wr wb. Saya minta maaf, saya minfa maaf sekali," tutup Aji. [dzk]





Komentar Pembaca
Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

KAMIS, 09 APRIL 2020 , 00:15:00

Rush Money Bank Banten

Rush Money Bank Banten

KAMIS, 23 APRIL 2020 , 17:28:00

Check Poin Kota Tangerang

Check Poin Kota Tangerang

SABTU, 18 APRIL 2020 , 02:03:00

The ads will close in 10 Seconds