Pemkot Tangsel Siapkan Lima Hotel Untuk Tenaga Medis Covid-19

Kota Tangerang Selatan  SELASA, 07 APRIL 2020 , 20:03:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Pemkot Tangsel Siapkan Lima Hotel Untuk Tenaga Medis Covid-19

Kamar di Hotel Santika BSD/Repro

RMOLBANTEN. Demi menunjang dan menjaga kesehatan tenaga medis yang melayani pasien Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel berinisiatif menyediakan beberapa hotel.

Dinas Pariwisata Tangsel untuk berkoordinasi dengan beberapa hotel di wilayah Tangsel dan juga berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Tangsel.

Kepala Dinas Pariwsiata Tangsel, Dadang Sofyan, menjelaskan sudah ada lima hotel yang bersedia untuk dijadikan tempat istirahat tenaga medis dan paramedis.

"Dari hasil koordinasi, ada lima hotel yang siap dan bersedia hotelnya dijadikan tempat istirahat petugas medis dari Gugus Tugas Covid-19.

Kelima hotel itu, Hotel Santika BSD, Hotel Grand Zuri, Hotel Soll Marina Serpong, Aviari Bintaro dan Hotel Santika Premiere Bintaro," ujar Dadang, Selasa (7/4).

Dari kelima hotel yang bersedia menampung tenaga medis dan paramedis, hanya Hotel Santika BSD yang bisa dikatakan sudah siap dari segala aspek yang dibutuhkan.

"Secara mental dan fisik untuk melayani petugas medis, hanya Hotel Santika BSD yang paling siap.

Maka dari itu manajemen hotel tersebut menunggu arahan lebih lanjut terkait teknis pelaksanaannya," lanjutnya.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan, setidaknya ada ratusan tenaga medis dan paramedis yang menangani pasien Covid-19 di Tangsel.

"Yang terlibat secara aktif seperti dokter spesialis, dokter umum, paramedisnya itu ada bidan, perawat di RSU, Puskesmas Pamulang kurang lebih ada ratusan tenaga medis," ungkap Benyamin.

Benyamin menerangkan jika ini merupakan inisiatif Pemkot Tangsel untuk melayani tenaga medis dan paramedis yang tak kenal lelah membantu pemerintah menangani Covid-19.

Meski demikian, Pemkot Tangsel masih akan menunggu adanya permintaan dari tenaga medis dan paramedis untuk singgah beristirahat di lima hotel yang sudah ditunjuk.

"Belum ada permintaan, tapi kita tetap stand by. Ya ini inisiatif kita (Pemkot Tangsel) dan disambut baik oleh PHRI, ya Alhamdulillah. Nantinya jika sudah ada permintaan, kami akan siapkan transportasi antar jemput menuju hotel," terangnya.

Terpisah, Executive & Public Relations Hotel Santika BSD Teraskota, Fanny Ratnari mengatakan, pihaknya telah bersiap diri dengan menyediakan 145 kamar untuk tenaga medis dan paramedis.

"Per 1 April 2020 Hotel Santika BSD sudah ditutup untuk umum, sehingga kapanpun tenaga medis datang kami sudah siap untuk kamar-kamarnya. Dan kita punya 150 kamar, namun kita siapin 145 kamar untuk tenaga medis. Sisa 5 kamar untuk tim operasional kami istirahat," ujar Fanny.

Diketahui, ada dua tipe kamar yang akan digunakan yakni Superior dan Santika Suite. Yang terbagi 140 kamar superior dan 10 kamar tipe suite.

Tak hanya itu, pihak Hotel Santika BSD juga akan memberikan asupan makanan yang kaya akan gizi demi menjaga stamina tenaga medis dan paramedis selama beristirahat.

"Untuk makanan, kami sediakan mulai dari breakfast, lunch dan dinner. Semua kami siapkan didalam bento box dan dikirimkan ke setiap lantai kamar untuk tenaga medis. Kita juga sudah menyiapkan menu rotasi makanan agar tidak bosan para tenaga medisnya," pukasnya.

"Setiap breakfast kita kasih jus juga, setiap bento box dilengkapi dengan buah dan jajanan pasar. Seperti biasa kita siapin nasi, daging (bisa ikan/ayam/sapi/seafood), lauk pendamping, dan juga sayur," tambah Fanny. [dzk]



Komentar Pembaca
Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

KAMIS, 09 APRIL 2020 , 00:15:00

Rush Money Bank Banten

Rush Money Bank Banten

KAMIS, 23 APRIL 2020 , 17:28:00

Check Poin Kota Tangerang

Check Poin Kota Tangerang

SABTU, 18 APRIL 2020 , 02:03:00

The ads will close in 10 Seconds