COVID-19

KRMT Roy Suryo: Yang Sembuh Corona Tidak Kebal, Bisa Kambuh Lagi

Kesehatan  KAMIS, 09 APRIL 2020 , 01:25:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

KRMT Roy Suryo: Yang Sembuh Corona Tidak Kebal, Bisa Kambuh Lagi

KRMT Roy Suryo/Net

RMOLBANTEN. Data per 8 April 2020 pasien yang dinyatakan sembuh berjumlah 222 orang. Sementara pasein yang positif terinfeksi Covid-19  2.956 orang. Untuk kasus kematian berjumlah 240 orang.

Pasien yang sembuh itu tentunya menggembirakan semua pihak. Walaupun begitu jangan sampai ada anggapan menyesatkan kalau pasien yang sembuh tidak akan kambuh lagi dengan alasan memiliki imunitas yang tinggi.

Pemerhati kesehatan publik KRMT Roy Suryo mengingatkan kembali gembar-gembor pasien yang sudah sembuh akan kebal terhadap virus ini, baiknya harus dipertimbangkan lagi.

Roy yang selalu berbasis data ini memantulkan pemberitaan yang menyebutkan pasien corona yang sudah tertular kemudian kambuh lagi

"Berita ini benar dan harus diwaspadai. Meski menurut data resmi Kemenkes RI
per hari ini, Rabu (8/4) sudah 222 Penyintas COVID-19 yg dinyatakan sembuh. Namun terbukti mereka tidak kebal, masih bisa jadi "carrier" dan bahkan tertular lagi. Memang hanya virusnya yang jago nipu?," terang Roy dalam Twitter pribadinya.

Roy merujuk pemberitaaan awal Covid-19 ini merebak, dan dinyatakan pasien kasus 01, kasus 02, dan kasus 03 yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona sehingga  diperkenalkan ke hadapan publik di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (16/3).

Juruicara Penanganan Virus Corona Indonesia, Achmad Yurianto saat itu mengatakan, ketiganya telah dua kali menjalani tes COVID-19 dan hasilnya dinyatakan negatif, sehingga mereka diperbolehkan pulang.

Ia mengklaim bahwa ketiganya memiliki imunitas yang cukup kebal sehingga sudah dinyatakan sembuh.

"Dan beliau sudah punya imunitas untuk kebal terhadap virus ini. Kami terima kasih atas kerjasamanya. Rekan-rekan lihat yang bersangkutan dalam kondisi sehat,” ujarnya dalam konferensi pers.

Namun pernyataan terbarunya, Achmad Yurianto menegaskan, tak ada jaminan pasien Corona baik yang suspect maupun yang positif jika sudah dinyatakan negatif tak akan tertular lagi.

Menurutnya, pasien yang sudah dinyatakan negatif bisa tertular kembali.

"Tidak ada satu jaminan bahwa dia tidak akan tertular lagi. Bisa saja tertular lagi dan bisa sakit lagi," kata Yurianto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, (8/4).

Walau begitu,  mengakui bahwa belum ada ada laporan pasien yang sudah sembuh dari virus Corona itu kambuh kembali.

Yang ada, pasien yang sudah sembuh, sakit lagi karena ketularan lagi.

"Jadi bukan penyakit kambuh tapi ketularan lagi," ujarnya. [dzk]







Komentar Pembaca
Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

KAMIS, 09 APRIL 2020 , 00:15:00

Rush Money Bank Banten

Rush Money Bank Banten

KAMIS, 23 APRIL 2020 , 17:28:00

Check Poin Kota Tangerang

Check Poin Kota Tangerang

SABTU, 18 APRIL 2020 , 02:03:00

The ads will close in 10 Seconds