Wabah Corona, Disnakertrans Catat 415 Karyawan Hotel di Anyer Dirumahkan

Pariwisata & Budaya  KAMIS, 16 APRIL 2020 , 17:39:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Wabah Corona, Disnakertrans Catat 415 Karyawan Hotel di Anyer Dirumahkan

Hotel di Anyer/NET

RMOLBANTEN. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang mencatat ada sekitar 415 karyawan jasa  perhotelan di Kawasan Wisata Anyer dan Cinangka dirumahkan akibat wabah virus corona.

Kabid Hubungan Industri dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Serang Iwan Setiawan menuturkan pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap industri yang ada di Kabupaten Serang.

"Pengaruh banget ini, banyak perusahaan yang lapor ke kita terutama dari jasa perhotelan di Anyer dan Cinangka termasuk industri di Serang Timur," ujarnya.

Untuk gelombang PHK, dikatakan Iwan ada cuma sedikit, yang banyak itu, karyawan yang dirumahkan sekitar 415 orang di Anyer dan Cinangka dan 99 di Serang Timur total ada 550.

"Tapi untuk di Serang Timur banyak perusahaan yang belum lapor," katanya.

Begitu juga untuk perusahaan besar yang ada di Serang timur, Iwan mengatakan ada protokol kesehatan perusahaan, seperti memperketat keluar masuk perusahaan, pake masker, hand sanitizer, cuci tangan, pokonya diperketat.

Untuk mengatasi persoalan tersebut dikatakan Iwan, pihaknya berencana akan memberikan bantuan sembako bagi karyawan yang dirumahkan atau di PHK.

Selain itu, pihaknya juga mengarahkan kepada para karyawan yang dirumahkan atau terkena PHK untuk mengikuti program kartu prakerja.

"Cuma permasalahannya kartu prakerja ini langsung ke kementerian, jadi harus mengikuti langkah langkah sesuai dari kementrian," tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Serikat Pekerja Nasional (SPN) Banten, Ahmad Saukani kalau terkena PHK lagi proses datanya dan akan melaporkan dulu ke Disnaker Provinsi Banten.

"Kalau yang sudah dilaporkan terdahulu ada sekitar 500 di daerah Tangerang dan Lebak. Kita sudah imbau anggota untuk melapor apabila ada anggota yang dirumahkan," ujarnya. [ars]

Komentar Pembaca
Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

KAMIS, 09 APRIL 2020 , 00:15:00

Rush Money Bank Banten

Rush Money Bank Banten

KAMIS, 23 APRIL 2020 , 17:28:00

Check Poin Kota Tangerang

Check Poin Kota Tangerang

SABTU, 18 APRIL 2020 , 02:03:00

The ads will close in 10 Seconds