Setelah PDIP, Nasdem 'Teriak' Perppu Corona Ditumpangi Oknum Oligarki

Politik  SENIN, 20 APRIL 2020 , 00:56:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Setelah PDIP, Nasdem 'Teriak' Perppu Corona Ditumpangi Oknum Oligarki

Rico Sia (berbatik)/Repro

RMOLBANTEN. Seakan mempertegas statemen politisi PKS Nasid Djamil bahwa partai-partai di Parlemem tidak setuju penerbitan penerbitan Perppu 1/2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemik Covid-19. Baca: Masinton Pasaribu: Toean, Ini bukan Perppu, Ini Sabotase Konstitusi

Partai koalisi pendukung pemerintah satu per satu mulai meluapkan kegeramannya. Jika sebelumnya dari kader PDI Perjuangan Masinton Pasaribu yang bersuara, kini giliran kader Nasdem Rico Sia yang angkat bicara.

Rico menjelaskan secara subtansi perppu tersebut lahir atas dasar niat baik Presiden Joko Widodo menangani Covid-19.

Tapi dalam penjabaran pasal-pasalnya, ada oknum oligarki yang menunggangi.

"Niat baik presiden mengeluarkan Perppu 1/2020 yang wacananya berlaku 3 tahun ditumpangi penjabarannya oleh oknum oligarki,” terang Anggota DPR RI dari Papua Barat itu lewat akun Instagram pribadinya, Minggu (19/4).

Kata Rico, oknum oligarki itu menunggangi dengan cara memangkas tupoksi lembaga legislatif dan yudikatif. Penunggangan itu dilakukan dengan meniadakan fungsi penganggaran serta pengawasan.

"Kedua meniadakan hukum pidana dan perdata,” tambahnya.

Rico menilai para oknum oligarki di lingkaran pemerintah ini hendak meraup keuntungan dari Perppu 1/2020 tersebut dengan menumpang dalam musibah Covid-19 ini.

"Membuat mereka meraup keuntungan sebesarnya tanpa penhawasan serta tak hisa dipidana atau diperdatakan atas nama bangsa yang sedang mengalami bencana,” pungkas Rico. [dzk]


Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Rapid Test BIN Di Tangsel

Rapid Test BIN Di Tangsel

KAMIS, 14 MEI 2020 , 13:06:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds