Tertular Pasien PDP, Positif Corona Di Pandeglang Bertambah Satu Orang

Kabupaten Pandeglang  RABU, 29 APRIL 2020 , 13:24:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Tertular Pasien PDP, Positif Corona Di Pandeglang Bertambah Satu Orang

Ilustrasi tes swab corona/Net

RMOLBANTEN. Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Pandeglang hingga Rabu (28/4) kemarin terus bertambah.

Kini kasus positif corona di Kabupaten Pandeglang menjadi dua orang atau bertambah satu orang. Tansmisi lokal (penularan) diduga menjadi penyebabnya.

Munculnya kasus baru ini berdasarkan hasil swab yang dilakukan terhadap 9 orang yang pernah kontak terhadap satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kecamatan Carita yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan dinyatakan meninggal pada 4 april 2020 lalu.

Demikian diungkapkan Jurubicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pandeglang, Achmad Sulaiman, Rabu (29/4).

"Keluarga dari PDP asal Kecamatan Carita yang meninggal pada 4 April 2020 lalu, telah  hasil swab-nya dinyatakan positif. Itu dari sembilan orang keluarga yang di swab, baru satu yang kami terima hasilnya, ya hasilnya positif Covid-19," kata Sulaiman.

Achmad Sulaiman menjelaskan, setelah dilakukan pemantauan kepada warga yang hasil swab-nya positif itu, menunjukan gejala yang mencurigakan kearah Covid-19.

Maka dari itulah, tim gugus tugas memutuskan untuk merujuk pasien tersebut ke RSUD Banten.

"Setelah diketahui ada gejala, kami langsung merujuk yang positif hasil swab-nya itu ke RSUD Banten. Untuk keluarga lainnya yang hasil swab-nya belum ada, tetap kami lakukan isolasi mandiri dirumahnya," terang Sulaiman.

Sulaiman menduga telah terjadi transimisi lokal (penularan) Covid-19 di Kabupaten Pandeglang, karena menurutnya pasien DP yang hasil swab-nya positif ini tidak pernah beraktivitas ke luar Pandeglang atau pergi ke zona merah dan hanya pernah kontak langsung dengan anggota keluarganya yang meninggal karena Covid-19.

"Dari kejadian ini, kita ketahui bahwa transmisi lokal telah terjadi di Kabupaten Pandeglang. Kita perlu tingkatkan kewaspadaan terus ikuti himbauan himbauan yang diberikan oleh pemerintah daerah kabupaten kita agar kita dan keluarga kita bisa terhindar dari penyakit ini," pungkasnya. [dzk]




Komentar Pembaca
Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

MINGGU, 12 DESEMBER 2021 , 00:10:00

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:01:00

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:39:00

The ads will close in 10 Seconds