COVID-19

Musim Mudik, DPRD Padeglang Minta RT dan RW Pelototi Pendatang

Parlemen  RABU, 06 MEI 2020 , 11:52:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Musim Mudik, DPRD Padeglang Minta RT dan RW Pelototi Pendatang

Ilustrasi/Net

RMOLBANTEN. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang diminta untuk memaksimalkan peran perangkat desa yang ada dalam pencegahan penyebaran virus Covid19 ditingkat desa.

Begitu kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pandeglang, Iing Andri Supriadi, Rabu (6/5).

Menurut Iing peran perangkat desa sangat penting dalam mendeteksi adanya pendatang dari luar Pandeglang saat memasuki musim mudik tahun ini.

"Perangkat desa seperti RT, RW dan Kepala dusun merupakan garda terdepan dalam pencegahan penyebaran Covid19 di Kabupaten Pandeglang. Para RT dan RW harus secara intens mendata orang yang masuk ke Kampungnya masing-masing," ungkapnya.

Pendataan kepada para pendatang dari luar daerah khususnya Zona Merah, menurut Iing sangat penting dilakukan guna memastikan bahwa pendatang yang membandel mudik diawasi secara ketat sesuai dengan protokol kesehatan.

"Data para pendatang ini nanti harus ditulis sedetail mungkin seperti riwayat perjalanan dan kesehatan sebelum datang ke lokasi," katanya.

"Nah data ini nanti dilaporkan ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan pengecekan kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan,  guna memastikan kesehatan pendatang tersebut," terangnya.

Politisi partai Demokrat ini meminta kepada semua komponen masyarakat bersatu dan bersinergi dalam upaya memerangi penyebaran virus corona di Kabupaten Pandeglang, khususnya dalam mengedukasi masyarakat agar melaksanakan protokol kesehatan.

"Ini adalah tugas kita bersama untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat melaksanakan protokol kesehatan,  karena saya melihat masih terjadi penumpukan masa yg beraktifitas  dengan tidak menggunakan masker dan menjaga jarak," demikian Iing. [ars] 

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Rapid Test BIN Di Tangsel

Rapid Test BIN Di Tangsel

KAMIS, 14 MEI 2020 , 13:06:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds