Harun Masiku 'Hilang' KPK Perbaiki Pola Penangkapan

Hukum  MINGGU, 10 MEI 2020 , 20:00:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Harun Masiku 'Hilang' KPK Perbaiki Pola Penangkapan

Ilustrasi Harun Masiku/Net

RMOLBANTEN. Larinya tersangka kader PDIP, Harun Masiku selama empat bulan ini akan menjadi pembelajaran buat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua KPK Firli Bahuri mengaku akan melakukan evaluasi terkait 'hilangnya' Harun Masiku.

"Larinya para tersangka sehingga jadi DPO tentu kami kaji dan evaluasi sehingga tidak terjadi lagi," terang Firli Bahuri, Minggu (10/5).

Yang akan dilakukan salah satunya yakni dengan langsung menangkap para tersangka bila sudah mempunyai alat bukti yang kuat.

Hal ini untuk menghindari kasus seperti kaburnya Harun Masiku yang merupakan tersangka kasus dugaan suap pergantian anggota DPR RI terpilih 2019-2024 yang menjerat Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan dua kader PDIP lainnya yakni Saeful Bahri dan Agustiani Tio Fridelina.

"Ke depan, jika penyidikan sudah diperoleh bukti yang cukup, tersangka akan langsung ditangkap dan ditahan baru diumumkan. Ini agar tersangka tidak punya waktu persiapan untuk melarikan diri atau menghilangkan barang bukti," tegas Firli.

KPK bekerja sama dengan Polri masih terus berupaya mencari keberadaan Harun Masiku untuk disidangkan.

"Semua DPO tetap kita cari dan terus dilacak keberadaannya, walaupun belum tertangkap. Tapi perlu diingat bahwa para tersangka DPO sudah ditetapkan sebagai tersangka sudah lama. Tapi sayangnya saat ditetapkan sebagai tersangka tidak langsung ditangkap, sehingga mereka DPO," demikian Ketua KPK Firli Bahuri seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOLID. [dzk]



Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds