PKB: Pemerintah Belum Terlihat Ada Grand Design Solutif Penanganan Covid-19

Politik  RABU, 20 MEI 2020 , 19:49:00 WIB | LAPORAN: FAISAL ARISTAMA

PKB: Pemerintah Belum Terlihat Ada <i>Grand Design</i> Solutif Penanganan Covid-19

Nihayatul Wafiroh/Net

RMOLBANTEN. Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Fraksi PKB, Nihayatul Wafiroh menilai belum ada grand design yang secara konkret solutif dari pemerintah dalam menangani wabah virus corona baru atau Covid-19 di tanah air.

Ia melihat dari sejumlah kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah dan terbukti belum efektif menangani Covid-19.

"Sampai sekarang saya belum melihat grand desain pemerintah pusat dalam menangani Covid-19 ini," terang Nihayatul Wafiroh saat mengisi diskusi daring yang digelar CISDI bertajuk "Kendali Penanganan Covid-19: Milik Pusat atau Daerah?", Rabu (20/5) sore.

Ninik, sapaan akrab Nihayatul Wafiroh, menilai grand design pemerintah pusat baik dalam rangka memproteksi kesehatan masyarakat maupun proteksi ekonomi, belum terlihat jelas.

DPR kata Ninik sejak awal diingatkan pada pertengahan Januari silam, namun pemerintah cenderung mengabaikan masukan wakil rakyat dan pada akhirnya masih juga belum terlihat grand design kebijakan yang konkret tersebut.

"Sehingga efeknya jadi luar biasa dalam pengambilan kebijakan," sesal Politisi PKB ini.

Ketidakkompakan pemerintah pusat dengan daerah, belum lagi antar Kementerian masih saling mengoreksi pernyataan satu dengan yang lainnya menyoal penanganan Covid-19.

"Contoh, tertamparnya pemerintah pusat ketika tiba-tiba Tegal Papua melakukan lockdown sendiri? Padahal, saat itu belum mengeluarkan Covid-19 ini sebagai bencana nasional," tuturnya.

"PSBB ini yang harus menentukan adalah pemerintah pusat. Ini hanya sekadar menjadi kebijakan saja, tidak ada law enforcement yang kuat diinternal sendiri. Sehingga memang belum ada grand design yang cukup kuat yang bisa mendelivery kebijakan-kebijakan pusat hingga ke daerah," demikian Ninik dilansir dari Kantor Berita Politik RMOLID. [dzk]



Komentar Pembaca
Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

KAMIS, 09 APRIL 2020 , 00:15:00

Rush Money Bank Banten

Rush Money Bank Banten

KAMIS, 23 APRIL 2020 , 17:28:00

Sampai Liang Lahat

Sampai Liang Lahat

KAMIS, 26 MARET 2020 , 16:00:00

The ads will close in 10 Seconds