Adhie Massardi: Perbandingan Apple To Apple Kematian Corona Dengan Piplres 2019 Bukan Laka Lantas

Politik  RABU, 27 MEI 2020 , 21:16:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Adhie Massardi: Perbandingan <i>Apple To Apple</i> Kematian Corona Dengan Piplres 2019 Bukan Laka Lantas

Adhie Massardi/Repro

RMOLBANTEN. Membandingkan angka kematian kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dengan kematian akibat terjangkit wabah Covid-19 yang disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD tidak aple to aple.

PKS: Perbandingan Tidak Pantas, Kalau Yang Meninggal Bisa Dengar Mereka Protes Mahfud MD

Begitu disampaikan Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi, dalam Twitter pribadinya menjawab postingan judul berita yang isinya Mahfud MD membandingkan kematian Covid-19 dengan kecelakaan lalu lintas.

Mantan Jurubicara Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) itu, yang lebih pas Mahfud MD baiknya membadingkan dengan kematian gegara Pilpres 2019 lalu yang penyebabnya sampai kini masih misteri.

Keduanya, kata Adhi Massardi sama-sama karena kelalaian penyelenggara negara.

"Meskipun tetap tidak layak, tapi yang lebih "apple to apple" adalah membandingkan gegara Covid-19 dengan kematian gegara pilpres 2019 yg hingga kini penyebabnya masih misteri," tulis Adhie Massardi.

"Tapi sama-sama akibat kelalaian penyelenggara negera yg dalam hukum masuk kategori Delik Culpa," sambung Adhie, Rabu (27/5).

Sebelumnya politisi Nasir Djamil mengaku dapat memahami maksud dari pernyataan Mahfud MD tersebut, yaitu untuk menyemangati masyarakat. Namun  perbandingan yang disajikan tidak tepat.

"Negara seolah-olah tidak mempersiapkan kematian itu. Jadi, seolah-olah menganggap remeh, menganggap enteng, dan menganggap tidak ada, bahkan tanda kutip mensyukuri,” terang Nasir.

Orang yang meninggal dunia akibat kecelekaan sebenarnya tidak lepas dari moda transportasi dan infrastruktur jalan yang disiapkan pemerintah.

Sarana tersebut dinilai sangat buruk sehingga angka kematian di jalan meningkat tajam.

"Itu salah satu penyumbang kenapa orang banyak meninggal di jalan. Jadi tidak pantas sebenarnya sekelas Mahfud MD, memberikan contoh bahwa lebih kecil mati di sini dibandingkan mati di sana,” katanya.

Pernyataan Mahfud tersebut kata Nasir, dapat melukai hati orang yang meninggal dunia lantaran disalahkan pemerintah.

Menurutnya, jika orang yang meninggal itu bisa mendengar, maka mereka akan protes ke Mahfud MD. [dzk]


Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Rapid Test BIN Di Tangsel

Rapid Test BIN Di Tangsel

KAMIS, 14 MEI 2020 , 13:06:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds