NEW NORMAL

Angka Penularan Belum Menurun, Pemkot Tangsel Kembali Perpanjang PSBB

Kota Tangerang Selatan  MINGGU, 31 MEI 2020 , 21:30:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Angka Penularan Belum Menurun, Pemkot Tangsel Kembali Perpanjang PSBB

Airin Rachmi Diany/LAN

RMOLBANTEN. Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany setelah melakukan rapat dengan Gubernur Banten, Wahidin Halim memutuskan jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangsel akan kembali diperpanjang.

PSBB gelombang 4 nantinya masih akan menunggu Keputusan Gubernur (Kepgub) Banten mengenai berapa lama waktu pelaksanaan PSBB.

Meski demikian, Airin mengatakan, di PSBB gelombang 4 ini akan sangat berbeda dengan PSBB gelombang 1, 2 dan 3

"Kemarin kita rapat dengan Pak Gubernur, sudah diputuskan PSBB akan diperpanjang. PSBB diperpanjang tentu akan berbeda. Seperti saya bilang, PSBB tahap pertama itu adalah sosialisasi edukasi, PSBB tahap ke dua adalah penegakan aturan dengan sanksi, misalnya kita stikerisasi, kita peringatkan dan yang lainnya," tutur Airin di Rumah Lawan Covid-19, Minggu (31/5).

PSBB ke tiga, dikatakannya bukan hanya untuk penegakan sanksi saja. Akan tetapi, bagaimana mengingatkan masyarakat, jika sehat itu tanggung jawab bersama dan di dalam diri masyarakat ada tanggung jawab kesehatan orang lain.

"Dan di PSBB ke empat, bagaimana kita meyakinkan lagi kepada masyarakat untuk mendisiplinkan diri. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus menyadari bahwa Covid-19 itu berbahaya, tapi ada solusinya agar terhindar, apa? patuhi protokol Covid-19, sambil menunggu para ahli menemukan vaksin yang kita tidak tahu kapan," terangnya.

Lanjutnya, Airin juga telah meminta izin kepada Gubernur Banten jika tidak ada kenaikan angka yang sakit dan lainnya akan menghentikan PSBB.

"Tapi ternyata hasilnya RO (Reproduction Number atau angka penularan) di Tangsel masih 1,7 per data kemarin. Kedisiplinan masyarakat masih sekitar 70% yang seharusnya kepatuhan yang kita sebut RT (Reproduction at certain time after intervention) itu 90%. RO yang ideal itu seharusnya di bawah 1," jelas Airin.

Maka dari itu, PSBB gelombang 4 pelaksanaannya akan lebih mendetail atau diperketat mulai dari tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

"Jadi saya mendorong tetap PSBB, tapi dengan beberapa hal bisa melihat lebih detil lagi per kecamatan dan kelurahan," tutupnya. [ars]

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Rapid Test BIN Di Tangsel

Rapid Test BIN Di Tangsel

KAMIS, 14 MEI 2020 , 13:06:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds