NEW NORMAL

Lurah Di Tangsel Sembuh Dari Corona, Airin Puji Sebagai Pahlawan

Kesehatan  SENIN, 01 JUNI 2020 , 00:05:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Lurah Di Tangsel Sembuh Dari Corona, Airin Puji Sebagai Pahlawan

Lurah (bertopi) sembuh dari Corona/LAN

RMOLBANTEN. Dari 13 pasien yang dinyatakan negatif dan sembuh dari Covid-19 serta diperbolehkan pulang dari Rumah Lawan Covid-19, salah satunya merupakan pria yang menjabat sebagai Lurah di wilayah Serpong Utara.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany yang menyaksikan langsung kepulangan 13 pasien tersebut, juga berbincang berbincang dan mengapresiasi kegigihan Lurah tersebut sehingga bisa sembuh dari Covid-19.

"Saya paham banget, Pak Lurah ini rajin banget turun ke lapangan bantu masyarakat. Istirahat dulu yah pak lurah, seminggu," kata Airin.

Bahkan, Airin berterima kasih kepada pasukan pemerintahan yang tanpa kenal lelah mengingatkan warganya agar patuh dalam berdisiplin menjaga protokol kesehatan Covid-19.

"Jadi intinya gini, terima kasih tentunya terhadap petugas medis yang di depan di hilir tentunya bagaimana untuk membuat orang sakit jadi sembuh. Tapi jangan lupa banyak juga pasukan kami di pemerintah atau jajaran, lurah, camat, Satpol PP, Dishub dan lainnya untuk antisipasi warga dan bagaimana untuk membantu pengawasan terhadap pembagian jaring pengaman sosial dan itu merupakan tugas pekerjaan kita," ungkapnya.

Airin juga menyebutkan jika Lurah yang sudah dinyatakan negatif Covid-19, merupakan pahlawan untuk bisa memutus mara rantai Covid-19.

"Pada kesempatan ini saya menyampaikan, semua adalah pahlawan untuk bisa bagaimana memutus mata rantai. Jadi  bukan hanya tenaga medis saja yang di hilir, tapi juga di hulu banyak orang yang sudah berbuat banyak untuk bagaimana memutus mata rantai penyebaran Covid," ujar Airin.

Sementara itu, masih dilokasi yang sama Lurah yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, menceritakan jika dirinya berinisiatif untuk melakukan pengecekan Covid-19 dikarenakan tugasnya yang begitu berat.

"Pertama kali jatahnya pimpinan dan lurah itu kan tes pertama di Puskesmas dinyatakan megatif, terus berjalan satu bulan ada lagi tes dari Provinsi, secara pribadi saya tidak yakin bahwa yang dinyatakan negatif itu selalu negatif, masih bisa karena kami yang turun langsung ke lapangan, bersentuhan langsung dengan masyarakat dan hasilnya reaktif," terangnya.

Setelah mendapat hasil reaktif, ia beserta keluarganya langsung memeriksakan kembali melalui tes swab di Puskesmas setempat.

"Terus langsung saya berangkat sama keluarga, rapid dan swab. Saya swab, istri dan anak rapid. Dan ternyata hasil dari puskesmas, hasil swab saya positif, istri saya positif, dan kedua anak saya berdua negatif," ujarnya.

Akhirnya, ia dan istri menjalani karantina di Rumah Lawan Covid-19. Namun, sang istri belum bisa diperbolehkan pulang karena masih menunggu hasil tes.

Meski demikian, sebagai pimpinan perangkat daerah di wilayahnya dengan musibah ini, ia ingin terus mengedukasi kepada warganya untuk melawan penyebaran Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Secara pribadi saya tidak tahu, saya ketemu dengan siapa, bersalaman dengan siapa.  Karena tidak ada yang pernah kita duga. Maka itu, selalu saya edukasi memberikan arahan kepada masyarakat seperti itu.  Diantara kita tidak ada yang tahu siapa yang sakit siapa yang tidak, siapa yang menularkan, siapa yang ditularkan, karena saya pribadi OTG," tandasnya.

Ia juga menuturkan kepada masyarakat Tangsel agar tidak takut jika dikarantina di Rumah Lawan Covid-19.

"Dan saya pengen tahu, rumah covid seperti apa sih, biar memberikan pencerahan kepada masyarakat. Ternyata rumah covid ini bukan unyuk merawat orang sakit atau terpapar hanya di sini orang yang ODP, PDP, dan OTG.  Jadi di sini perawatannya cukup bagus, untuk Provinsi Banten, rumah covid di Tangsel itu terbaik. Jauh lebih baik dan enak di sini, pelayanan, perawatan, perhatiannya.  Artinya sudah sinkron semua, baik semua," tutupnya. [dzk]

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Rapid Test BIN Di Tangsel

Rapid Test BIN Di Tangsel

KAMIS, 14 MEI 2020 , 13:06:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds