NEW NORMAL

PSBB Gelombang Empat Di Tangsel, Airin Akan Buka Tempat Ibadah

Kota Tangerang Selatan  SENIN, 01 JUNI 2020 , 22:04:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

PSBB Gelombang Empat Di Tangsel, Airin Akan Buka Tempat Ibadah

Airin Rachmi Diani/LAN

RMOLBANTEN. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel kembali memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimulai 1 Juni hingga 14 Juni mendatang.

Perpanjangan masa PSBB di Tangsel ini setelah ditetapkannya Keputusan Gubernur Banten Nomor 443/Kep.161-Huk/2020 tentang Penetapan Perpanjangan Tahap Ketiga Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), perlu dilakukan perpanjangan ketiga pembatasan sosial berskala besar.

Perpanjangan tersebut pun telah diterbitkan Keputusan Walikota (Kepwal) Tangsel Nomor 338/Kep.163-Huk/2020 tentang Perpanjangan Ketiga PSBB dalam rangka Penanganan Covid -19.

Di PSBB gelombang 4 ini, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany akan memfokuskan dibukanya kembali rumah ibadah di Tangsel. Namun, harus tetap mendapat persetujuan dari Gugus Tugas tingkat Kecamatan.

"Rumah ibadah sesuai edaran Menteri Agama boleh dibuka dengan mengikuti protokol Covid-19  dan ada satu lagi di wilayah tersebut dilihat RO dan RT-nya. Dilihat berapa jumlah ODP, PDP dan positif, nanti harus ada persetujuan gugus tugas tingkat kecamatan, kelurahan, RW, RT dan tentu dengan memibatkan Kementerian Agama dan MUI," ujar Airin, Senin (1/6).

Setelah itu, Airin baru akan mengevaluasi dan membuka sarana lain untuk kembali beroperasi termasuk mal yang berada di Tangsel.

"Kita fokus di rumah ibadah dulu, kedua kita lihat di toko-toko dan kios-kios yang kecil dulu. PSBB tetap akan berlaku, kita evaluasi dari rumah ibadah, sarana prasarana lain," ucapnya.

Airin juga menjelaskan, untuk sektor mal nantinya Pemkot akan memanggil seluruh pimpinan mal untuk mendapat solusi terbaik.

"Dan untuk mal baru kita panggil minggu ini pemiliknya untuk kita melihat. Sebenarnya kan mal tidak tutup, mal buka, tapi hanya misalnya untuk makanan, pangan, restoran harus bawa pulang," jelas Airin.

"Ini akan saya dengarkan mereka masukannya seperti apa dan apakah mereka punya inovasi misalnya membuka dengan protokol Covid-19, walaupun kami sudah ada catatan terkait regulasi dan ketentuan," tambahnya.

Bahkan, Pemkot Tangsel telah membagikan tugas kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengawasi dan mengevaluasi PSBB gelombang 4

"Dinas sudah saya bagi tugas untuk bisa lihat dan mengawasi. Pada intinya secara bertahap dengan kita melihat jumlah ODP, PDP, positif dengan melihat RO dan RT-nya," tandas Airin. [ars]

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Rapid Test BIN Di Tangsel

Rapid Test BIN Di Tangsel

KAMIS, 14 MEI 2020 , 13:06:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds