Debat Dengan Luhut Pandjaitan, Pihak Rizal Ramli Tetapkan 24 Juni

Politik  RABU, 10 JUNI 2020 , 21:20:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Debat Dengan Luhut Pandjaitan, Pihak Rizal Ramli Tetapkan 24 Juni

Konpers persiapan debat LBP Vs RR/Repro

RMOLBANTEN. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) akhirnya mendapatkan lawan yang sepadan. Setelah tantangan debatnya diterima ekonom senior, Dr Rizal Ramli.

Bahkan pihak dari Rizal Ramli ini sudah menentukan waktunya, yaitu pada 29 Juni ini.

Mantan Menteri Ekuin era Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) itu awalnya enggan melayani tantangan karena iya meilihat bukan kapasitas sebagai ahli ekonomi. RR disingkat itu justru lebih senang lawan debatnya itu adalah Menkeu Sri Mulyani.

Namun setelah didatangi oleh Ketua Majelis Jaringan Pro Demokrasi (ProDem), Iwan Sumule, yang meminta dirinya untuk menerima tantangan debat dari Luhut.

Pihak Rizal Ramli pun menyanggupinya dan telah menyiapkan waktu pelaksanaan debat. Yakni pada 24 Juni mendatang.

"Waktu sudah saya tetapkan kepada pihak Bang Rizal Ramli diwakili oleh Bang Adhie Massardi, tanggal 24 Juni ini, dua minggu dari sekarang saya sudah tetapkan," ucap penyelenggara debat, Adamsyah Wahab, saat konferensi pers di Jalan Tebet Barat Dalam IV No. 5-7, Jakarta Selatan, Rabu (10/6).

Lanjut Adamsyah, untuk tempat penyelenggaraan debat akan disampaikan setelah pihak Luhut maupun tim ekonomi Joko Widodo bersedia dengan waktu yang diajukan.

"Untuk tempat saya menunggu konfirmasi dari pihak Luhut Binsar Pandjaitan yang nanti ProDEM akan menyurati beliau," terang Adamsyah.

Adamsyah pun menjelaskan secara singkat teknis debat nanti. Yaitu akan seperti debat Capres Amerika Serikat.

"Saya akan meniru teknis debat di Presiden Amerika, yaitu silakan mereka berdebat dengan fokus ekonomi, tapi tidak ada seperti debat Pilpres. Ini debat yang sangat bisa menggali secara luar biasa sisi dari Pak Rizal maupun sisi intelektualitas dari Pak Luhut," jelas Adamsyah.

Bahkan, sambung Adamsyah, nantinya juga akan ada juri yang menilai debat. Juri tersebut berasal dari masing-masing pihak peserta debat.

"Dan ada juri, karena akan diputuskan debat itu siapa yang unggul. Juri itu nanti formatnya saya minta tim dari dia (Luhut) dan tim dari Bang Rizal untuk ketemu dengan saya dan tim saya untuk memformulasikan format. Tapi biar fair, saya minta nama-nama juri dari Luhut dan nama-nama juri dari Bang Rizal. Nanti juga ada juri dari tim saya," demikian Adamsyah dilansir dari Kantor Berita Politik RMOLID. [dzk]



Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds