Amien Rais: Debat Di Ruang Tertutup, Itu Bukan Debat, Tapi Kasak-kusuk!

Politik  JUM'AT, 12 JUNI 2020 , 21:11:00 WIB | LAPORAN: FAISAL ARISTAMA

Amien Rais: Debat Di Ruang Tertutup, Itu Bukan Debat, Tapi Kasak-kusuk!

Amien Rais/Net

RMOLBANTEN. Mantan Ketua MPR RI Amien Rais menyangkan diskusi atau debat soal utang antara Dosen senior Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Dr Djamester Simarmata dari Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan digelar secara tertutup.

Debat yang sebelumnya ramai diperbincangkan di media sosial itu, akhirnya hening, anti klimaks. Masyarakat yang menantikan pun hanya mendapat argumen dari keduanya.

Tak yal, tantangan diskusi tatap muka yang diterima Dr Djamester Simarmata pada Kamis (11/6) itu jadi bias.

Lewat akun Twitter pribadinya @Amien__Rais menyebutkan bahwa materi diskusi tentang utang negara tersebut sangat disayangkan jika digelar tertutup.

Apalagi, diskusi tersebut digulirkan oleh perwakilan pemerintah yang sedianya dijadikan ajang transparansi atas kinerja pemerintah selama ini.   

"Kalau mau gelar debat yang mendidik publik, debat dilakukan di ruang terbuka. Tidak boleh di ruang tertutup. Disaksikan oleh rakyat," ujar Amien Rais, dikutip dari Twitternya, Jumat (12/6).  

"Setidaknya debat tersebut memperkaya perspektif publik. Karena debat tersebut berkenaan kebijakan, maka publik berhak mengikuti," imbuhnya menegaskan.

Jika debat berkaitan dengan kepentingan publik, apalagi materi yang dibahas berkaitan dengan hajat hidup orang banyak seharusnya digelar secara terbuka.

"Kalau debat di ruang tertutup, tidak ter-publish, itu bukan debat, tapi kasak-kusuk!" pungkasnya.[dzk]



Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds