Ribuan Petugas Bandara Soekarno-Hatta Jalani Tes PCR

Kesehatan  SELASA, 23 JUNI 2020 , 21:09:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Ribuan Petugas Bandara Soekarno-Hatta Jalani Tes PCR

Petugas Bandara Soetta jalani Swab/AUL

RMOLBANTEN. Ribuan petugas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjalani tes polymerase chain reaction (PCR) atau swab test, Selasa (23/6).

Tes tersebut dilakukan oleh PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soetta, Anas Ma'ruf mengatakan, swab test dilakukan kepada petugas yang berinteraksi langsung dengan penumpang di Bandara Soetta dan sangat rentan terpapar Covid-19. Terlebih mereka yang bertugas di Terminal Internasional.

"Di Soetta ini sebagai salah satu pintu masuk kedatangan internasional. Para petugas disini beresiko karena berhadapan dengan kepulangan WNI dan WNA yang kita belum tau statusnya dan kita sudah tau betul ada WNI yang pulang beberapa diswab di Wisma Pademangan ada yang positif. Makanya petugas yang bertugas di kedatangan internasional punya resiko tinggi maka dari itu dilakukan test masif ini," kata Anas di Gedung VVIP Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang.

Dalam swab test ini, pihak KKP menerjunkan sebanyak 50 petugas medis gabungan dari berbagai instansi di bawah Kementerian Kesehatan RI.

"Setidaknya ada 50 orang dari Kemenkes Pusat kemudian juga dari Balai Besar Teknologi Lingkunga dan Pengendalian Penyakit Jakarta juga ada KKP sekitar. Merupakan petugas gabungan dari kemenkes," jelas Anas.

Adapun petugas yang dilakukan swab test yakni, petugas Aviation Security (Avsec) PT Angkasa Pura II, Satgas Gugus Tugas Covid-19, TNI Polri, Imigrasi, Bea Cukai, Ground Handling kedatangan internasional kita libatkan, JAS, Gapura, Otoritas Bandar Udara, dan berbagai lintas sektor yang melakukan tugas di Terminal Kedatangan Internasional.

"Kita targerkan hari ini ada 500 petugas kemudian besok 500, jadi kita perkirakan sekira 1000 orang. Hasilnya nanti kurang lebih 5 hari sejak dilakukan tes PCR ini," kata Anas.

Nantinya, jika ada yang positif Covid-19 dari pemeriksaan swab test tersebut, akan dilakukan sesuai protokol kesehatan seperti karantina atau diisolasi di tempat yang telah ditentukan.

"Kalau positif ada protokol yang harus dijalani. Jangan sampai orang kelihatan sehat tapi positif covid yang biasa disebut OTG (orang tanpa gejala). Maka itu ini sangat penting dalam rangka kita yang memberikan pelayanan di kedatangan internasional juga petugasnya dalam keadaan sehat," pungkasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds