Indonesia Diambang Resesi Ekonomi?

Ekbis  SELASA, 23 JUNI 2020 , 01:58:00 WIB | LAPORAN: TANGGUH

Indonesia Diambang Resesi Ekonomi?

Webinar "Fase New Normal Tetap Jaga Protokol Kesehatan" oleh Indo Care Forum, Senin (22/6)./IST

RMOLBANTEN. Kuartal pertama pergerakan ekonomi Indonesia terpuruk hingga 2,97 persen. Jika dibiarkan dan kembali terpuruk di kuartal kedua, maka ekonomi nasional akan resesi. Penjelasan tersebut dikatakan pakar Ekonomi Unika Atmajaya, Rosdiana Sijabat, dalam webinar "Fase New Normal Tetap Jaga Protokol Kesehatan" oleh Indo Care Forum, Senin (22/6).

"Kuartal pertama tidak negatif, tapi turun. Kuartal kedua masih ditunggu. Nanti untuk indikator April, Mei, Juni akan dirilis bulan Juli. Jika di kuartal kedua kembali mengalami penurunan, maka akan terjadi resesi (ekonomi)," kata Rosdiana.

Rosdiana menambahkan, secara angka, tidak terjadi resesi. Namun, akan terdampak pada gangguan daya beli. Saat ini, lanjutnya, daya beli masyarakat cenderung negatif. Hal ini menjadi salah satu pemicu menurunnya ekonomi di quartal pertama.

"Saran saya ke pemerintah, setelah 3-4 pekan sejak PSBB, harusnya segera evaluasi. Karena gelombang kedua pandemi jauh lebih berbahaya. Apalagi, ada masalah dengan daya beli. Pemerintah harus segera mencegahnya jika tidak ingin terjadi resesi," ungkapnya.

Masyarakat, kata Rosdiana, seharusnya menjadikan pandemi Covid-19 sebagai blessing in disguise. Artinya, mentransformasikan hal yang dianggap buruk (Covid-19) sebagai suatu hal baik atau berkah. Sehingga, memberikan dampak positif dalam kehidupan sosial.

"Tidak semua orang siap berdagang secara online. Tapi, mereka terpaksa belajar singkat soal jual beli online. Ini kan blessing in disguise. Situasi ini, harus jadi momentum bagi pemerintah mengeluarkan kebijakan e-commerce agar lebih user friendly. Baik dari sisi hulu dan hilir terkait ekonomi UMKM," demikian Rosdiana. [tsr]


Komentar Pembaca
UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

SELASA, 10 NOVEMBER 2020 , 09:33:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds