KPU Kota Serang Dibingungkan Usulan Raperda Anggaran Pilkada

Kota Serang  SELASA, 30 JUNI 2020 , 21:16:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

KPU Kota Serang Dibingungkan Usulan Raperda Anggaran Pilkada

KPU Kota Serang/NET

RMOLBANTEN. Penyebutan dana cadangan Pilkada 2024oleh Pemkot Serang dalam usulan Raperda tentang Dana Cadangan Pilkada 2024 usul Wali Kota Serang dipertanyakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Komisioner KPU Kota Serang Fierly Mudlyat Mabrurri mengatakan, dalam pemahaman KPU Kota Serang Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu saat ini sedang dalam pembahasan di DPR RI yang akan menggabungkan UU Pemilu dan Pilkada.

"Pertama kami KPU mempertanyakan dasar penyebutan Pilkada 2024. Karena sepemahaman kami RUU pemilu itu kan sekarang sedang dibahas di DPR RI," kata Fierly, Selasa (30/6).

Kemudian, ucap dia, ada tiga opsi pelaksanaan Pilkada yakni, pada tahun 2022, opsi selanjutnya sesuai Akhir Masa Jabatan (AMJ) Walikota Serang tahun 2023 atau serentak di tahun 2027 mendatang dengan melewati fase Pelaksana tugas (Plt).

"Kalau Pemilu serentaknya 2024, cuma Pilkadanya apakah tahun 2022, ikut AMJ kepala daerah berarti Pilgub Banten tahun 2022, Pilkada Kota Serang tahun 2023 atau nanti serentak di tahun 2027. Yang disebut Pilkada tahun 2024 kami baru dengar," ucapnya.

Dijelaskan Fierly, Dalam pasal 5 draft RUU Pemilu disebutkan, pemilu dibedakan menjadi pemilu nasional dengan 3 surat suara. Dan pemilu lokal dengan 4 surat suara.

"Pemilu nasional dilakukan dua tahun setelah pemilu lokal. Sementara pemilu lokal digelar tiga tahun usai pagelaran pemilu nasional," ujarnya.

Masih kata Fierly, pemilu nasional adalah Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, Pemilihan DPR, dan Pemilihan DPD. Sementara pemilu lokal adalah Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati/Wakil Bupati atau Walikota/Wakil Walikota, Pemilihan DPRD Provinsi, serta Pemilihan DPRD Kabupaten/Kota.

Jika ini nanti disepakati DPR maka yang paling dekat pemilu lokal diadakan pada tahun 2022.

Pertanyaannya bagaimana dengan jabatan anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang mestinya berakhir tahun 2024?.

RUU ini, diterangkan Fierly, sudah menyiapkan mekanisme kompensasi selama dua tahun yakni di tahun 2023 dan 2024 bagi anggota DPRD yang semuanya harus diberhentikan tahun 2022. Pun demikian dengan para kepala daerah yang masa jabatannya usai sebelum tahun 2024.

Namun, ia menuturkan, jika melihat dari penganggarannya yang menggunakan APBD Kota Serang, dipastikan bahwa yang dimaksud dalam Raperda usulan Walikota Serang itu adalah Pilkada Kota Serang.

Selanjutnya, terkait nominal yang dianggarkan ia menilai ada peningkatan dibandingkan Pilkada tahun 2018 lalu. Meskipun, untuk dikatakan besar atau tidaknya harus melihat bobot tahapan yang akan dilalui terlebih dahulu.

"Kalau secara kuantitas angka Rp 43 miliar itu dibandingkan dengan Pilkada tahun 2018 meningkat, karena di 2018 itu Rp 36 miliar. Tapi, secara kualitas kita belum bisa mengatakan itu besar atau cukup karena memang harus melihat bobot tahapan," tuturnya.

Meski demikian, ia menilai pencadangan dana untuk Pilkada Kota Serang akan lebih baik dilakukan pada tahun 2021 ini. Supaya, saat Pilkada ditetapkan tahun 2022 persiapaan angarannya sudah ada.

"Untuk dana cadangan kami lebih sepakat dimulai tahun 2021," ujarnya.

Sebelumnya, Pemkot Serang melalui usulan Walikota Serang tentang Raperda dana cadangan Pilkada tahun 2024 akan menyiapkan dana cadangan selama tiga tahun. Hal itu agar penganggarannya tidak terlalu berat.

"Kalau menurut saya Pemkot Serang baiknya selama tiga tahun persiapan anggaran pemilihan itu, sehingga tidak terlalu berat. Kalau dua tahun agak berat, apalagi sekarang dari sisi pemasukan berkurang. Kalau tiga tahun tidak mengganggu RPJMD," kata Walikota Serang Syafrudin. [ars]





Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Rapid Test BIN Di Tangsel

Rapid Test BIN Di Tangsel

KAMIS, 14 MEI 2020 , 13:06:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds