Petani Di Pandeglang Kesulitan Mengajukan KUR

Ekbis  SELASA, 30 JUNI 2020 , 22:34:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Petani Di Pandeglang Kesulitan Mengajukan KUR

Ilustrasi/NET

RMOLBANTEN. Kementerian Pertanian pada beberapa waktu lalu telah melaksanakan Memorandum Of Understanding (MOU) antara Pemkab Pandeglang dan sejumlah bank guna membantu para petani di Kabupaten Pandeglang dalam mendapatkan Kredit Usaha Ringan (KUR) untuk mengembangkan usaha dibidang pertanian.

Program pembiayaan melalui KUR ini, Pemerintah pusat akan memberikan subsidi bunga sebesar 6 persen pertahun dari total kredit yang diajukan oleh para petani di Kabupaten Pandeglang dan program ini diklaim sebagai sebagai salah satu upaya Pemerintah Pusat dalam membantu petani dalam menghadapi Kenormalan Baru.

Namun, siapa sangka dalam realisasinya. Para petani di Kabupten Pandeglang tetap kesulitan dalam mengakses program pembiayaan dari pihak bank. Soalnya, pihak bank tidak memberikan kemudahaan kepada para petani.

"Dalam rapat tadi kami simpulkan bahwa, mekanisme perbankan dalam program pembiayaan KUR ini, tidak memberi kemudahaan bagi para petani, jadi perbankan masih memberlakukan program KUR untuk petani ini secara reguler," ungkap Kepala Bidang Prasarana Sarana Pertanian Dinas Pertanian (DISTAN) Pandeglang, Uun Junandar, Selasa, (30/6).

Padahal menurut Uun, program KUR ini sangat diminati para petani di Kabupaten Pandeglang, paska dilakukannya sosialisasi dibeberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang.

"Sekitar 11 Kecamatan sudah kami sosialisasikan program KUR ini dan alhamdulilah ada sekitar 131 yang sudah kami masukan dalam form usulan melalui Bank Mandiri dengan nilai Rp17,9 miliar dan saat ini ternyata masih banyak peminatnya," bebernya.

Maka dari itu, Dinas Pertanian Pandeglang meminta, kepada pihak Bank memberikan kemudahaan bagi para petani di Kabupaten Pandeglang untuk mengakses program Kredit Usaha Ringan (KUR) guna mengembangkan komoditas atau pembelian alsintan.

"kami harap perbankan bisa memberikan kemudahan kepada petani, karena calon kreditur ini sangat potensial ddan merupakan binaan Dinas Pertanian Pandeglang," imbuhnya.

Sementara Itu, Kasubdit Kredit program dan Fasilitas Pembiayaan Pada Kementerian Pertanian kartinig Sadewi mengatakan, pihaknya tidak bisa melakukan intervensi permintaan dimudahkannya mekanisme mengakses pembiayaan melalui program KUR tersebut.

"KUR itukan uangnya dari perbankan, mereka punya aturan sendiri walaupun aturan atasnya ada. Mereka (Perbankan) akan lebih hati-hati. Kalau kami tidak bisa intervensi," pungkasnya. [ars]





Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Rapid Test BIN Di Tangsel

Rapid Test BIN Di Tangsel

KAMIS, 14 MEI 2020 , 13:06:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds