Wacana Pesepeda Bayar Pajak, Kemenhub: Itu Tidak Benar

Keamanan  SELASA, 30 JUNI 2020 , 23:11:00 WIB | LAPORAN: WIDIAN VEBRIANTO

Wacana Pesepeda Bayar Pajak, Kemenhub: Itu Tidak Benar

Pesepeda/NET

RMOLBANTEN. Adanya wacana pengendara sepeda bakal dipungut pajak oleh pemerintah membuat murka masyarakat. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun langsung membantah isu tersebut.

"Tidak benar Kemenhub sedang menyiapkan regulasi terkait pajak sepeda," tegas Jubir Kemenhub Adita Irawati seperti dilansir Kantor Berita RMOL.id,  Selasa (30/6).

Adita menjelaskan, justru pemerintah saat ini tengah menyusun regulasi perihal penggunaan sepeda sebagai moda transportasi massa. Namun demikian, regulasi itu baru dibahas hanya sebatas sisi keamanannya saja.

"Hal ini juga untuk menyikapi maraknya penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi bagi masyarakat," tuturnya.

Adita menambahkan, regulasi mengenai keamanan bersepeda sangat urgen. Lantaran masyarakat tengah beralih dari transportasi bermotor dengan bersepeda sebagai moda transportasi.

"Regulasi ini akan mengatur seperti alat pemantul cahaya bagi pesepeda, jalur sepeda, serta penggunaan alat keselamatan lainnya oleh pesepeda," katanya.

Oleh karena itu, di saat pemerintah pusat menyiapkan regulasi, Kemenhub berharap pemerintah daerah untuk menyiapkan infrastruktur untuk pesepeda.

"Kami akan mendorong pemerintah daerah, untuk mengatur penggunaan sepeda ini minimal dengan menyiapkan infrastruktur jalan maupun ketentuan lainnya yang mengatur khusus para pesepeda ini di wilayahnya masing-masing," tandasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds