Makna Masa Bodoh

Opini  KAMIS, 02 JULI 2020 , 01:35:00 WIB | OLEH: DAHLAN ISKAN

Makna Masa Bodoh

Jaya Suprana/Net

RMOLBANTEN. Setelah membahas absurditas makna kata majemuk ulang tahun dan salah satu, kali ini saya coba membedah makna kata majemuk masa bodoh yang pada hakikatnya tidak kalah absurd ketimbang ulang-tahun dan salah-satu.

Makna

Kata masa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :  1) waktu; ketika; saat: tanam padi telah tiba; bila saja, sewaktu-waktu; adanya, ada kalanya; dapatnya, terjadi; dapat kesempatan baik;  2) jangka waktu yang agak lama terjadinya suatu peristiwa penting; zaman: penjajahan; pembangunan; baru, zaman baru; datang (depan), zaman yang akan datang; 3) jangka waktu tertentu yang ada permulaan dan batasnya: berahi; kanak-kanak; kering; pacarana.

Sementara kata bodoh dimaknakan KBBI sebagai 1) tidak lekas mengerti; tidak mudah tahu atau tidak dapat (mengerjakan dan sebagainya): anak ini benar, masakan menghitung lima tambah lima saja tidak dapat;  2) tidak memiliki pengetahuan (pendidikan, pengalaman): penjajah sengaja membiarkan rakyat agar mudah diperintah.

Pokoknya kata bodoh disinonimkan dengan dungu, pandir, tolol, goblok yang serba negatif.

Digabung

Apabila kata masa dan bodoh digabung maka seharusnya maknanya menjadi saat tidak mudah tahu. Namun entah kenapa, bagaimana, kapan dan oleh siapa ternyata ketika kata masa digabung dengan kata bodoh menjadi masa bodoh, mendadak menurut KBBI maknanya menjadi 1 a kata afektif untuk menyatakan tidak senang hati; terserahlah; sesukamulah: begini tidak mau, begitu tidak mau, masa bodohlah ; 2v tidak peduli apa-apa; tidak memperhatikan sama sekali; acuh tak acuh: tentang pendidikan anaknya ia masa bodoh saja; bersikap masa bodoh , pb tidak peduli apa-apa; tidak ikut memikirkan perkara orang lain; me·ma·sa·bo·doh·kan v bersikap tidak peduli: dia agak masa bodoh persoalan di sekelilingnya; ke·ma·sa·bo·doh·an n perihal masa bodoh

Masa Bodoh

Menakjubkan betapa leluasa kata majemuk bisa mengembangkan atau dikembangkan maknanya tanpa terbelenggu kaidah-kaidah. Termasuk kaidah apa yang disebut sebagai logika.

Kenirterkaitan antara makna masa dan bodoh dengan makna kata majemuk masa-bodoh membuat saya semula ingin memasa-bodohkan upaya menghayati makna dengan membedah kata majemuk masa-bodoh.

Namun akibat kehabisan bahan tulisan, maka saya membatalkan niat pemasa-bodohan saya terhadap kata masa-bodoh disertai permohonan maaf kepada mereka yang masa-bodoh terhadap makna masa-bodoh.

Sebenarnya cukup banyak sikap dan/atau perilaku masa-bodoh yang tidak layak dimasa-bodohkan seperti masa-bodoh terhadap korupsi, masa-bodoh terhadap penindasan rakyat, masa-bodoh terhadap pelanggaran HAM, masa-bodoh terhadap SARA, masa-bodoh terhadap perusakan alam, masa-bodoh terhadap kemanusiaan.

Perilaku tidak mau pakai masker dan tetap memaksakan kedekatan jarak ragawi akibat masa-bodoh terhadap kesehatan sesama manusia jelas tidak bijak. [dzk]

Penulis adalah Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan agar tidak masa bodoh terhadap kemanusiaan


Komentar Pembaca
Media Sosial Dan Makna Sosial

Media Sosial Dan Makna Sosial

SELASA, 04 AGUSTUS 2020

Angkamologi Satu

Angkamologi Satu

SELASA, 04 AGUSTUS 2020

Singa Putih

Singa Putih

SELASA, 04 AGUSTUS 2020

Menerawang Oligarki

Menerawang Oligarki

SENIN, 03 AGUSTUS 2020

Gelora Semangat Kebanggaan Nasional

Gelora Semangat Kebanggaan Nasional

MINGGU, 02 AGUSTUS 2020

Sulam Alis

Sulam Alis

MINGGU, 02 AGUSTUS 2020

Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

Rekomendasi Gerindra Untuk Muhamad-Rahayu Saraswati

The ads will close in 10 Seconds