Bahas Dana Cadangan Pilkada, DPRD Libatkan KPU dan Bawaslu

Parlemen  KAMIS, 02 JULI 2020 , 23:13:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Bahas Dana Cadangan Pilkada, DPRD Libatkan KPU dan Bawaslu

Bambang Janoko/RAG

RMOLBANTEN. Panitia khusus (Pansus) Raperda DPRD Kota Serang tentang pengelolaan keuangan dan dana cadangan Pilkada 2024 berjanji akan melibatkan KPU dan Bawaslu untuk melakukan pembahasan tahapan dan estimasi besaran anggaran pada pelaksanaan Pilkada 2024.
Hal itu, disampaikan Ketua Pansus Dana Cadangan DPRD Kota Serang Bambang Janoko kepada awak media Kamis, (2/7).

"Kalau saya nanti bekerja sesuai koridor hukum saja, aturan perundang-undangannya seperti apa nanti kita juga kan akan ada rapat pendalaman dengan KPU dengan bawaslu berapa sih, seperti apa sih pelaksanaan Pemilu 2024 tentang pemilihan Wali Kota Serang itu," kata Bambang.

Saat ini, ucap dia, usulan dalam raperda itu anggaran dana cadangan Pilkada 2024 sebesar Rp 43 miliar. Namun, angka itu juga masih belum pasti, karena akan ada pendalaman lagi.

"Sah-sah saja namanya juga kan usulan bagaimana pansus menilai itu, nanti kan hasil dari pendalaman untuk apa, untuk apa kan Rp 43 miliar itu. Kita kan begitu," ucapnya.

Selain itu, ia menuturkan Pansus akan membuka komunikasi dengan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan DPR RI untuk memastikan waktu pelaksanaan Pilkada. Apakah akan di tahun 2024 atau di tahun 2022. "Pansus harus ngebut, itu kan baru wacana ya nantu kita akan pertanyakan kebenarannya," tuturnya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang Wachyu B Kristiawan mengatakan, usulan anggaran sebesar Rp 43 miliar itu merupakan hasil komunikasi dan konsultasi dengan KPU Kota Serang.

"Tentunya itu kita sudah berdasarkan pengalaman- pengalaman Pilkada sebelumnya dan kita juga sudah konsultasi dengan KPU, diperkirakan 2024 itu 43 miliaran," katanya.

Anggaran itu, ujar dia, diestimasikan sampai selesai proses pelaksanaan Pilkada selama dua putaran. Namun, jika nantinya anggaran itu masih kurang, bisa dilakukan penambahan.

"Kalau kurang ya ditambah, cuma kita untuk dana cadangan Pilkada itu Rp 43 muliar rencananya," pungkasnya. [ars]





Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

Rekomendasi Gerindra Untuk Muhamad-Rahayu Saraswati

The ads will close in 10 Seconds