Tertular, Lima Pengajar Ponpes Di Kota Tangerang Positif Covid-19

Kesehatan  JUM'AT, 10 JULI 2020 , 15:16:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Tertular, Lima Pengajar Ponpes Di Kota Tangerang Positif Covid-19

Ilustrasi santri cek suhu/Net

RMOL BANTEN. Lima pengajar di salah satu pondok pesantren (Ponpes) di Kota Tangerang positif terjangkit virus corona setelah dilakukan tes swab.

Kepala Dinas Kesehatan, Liza Puspadewi menuturkan, kasus tersebut bermula dari salah satu pengajar yang mudik saat hari raya Idul Fitri ke Madura.

"Dia pulang saat lebaran ke Madura, dia balik lagi ke sini, setelah ke sini dia sakit," ujar Liza, Kamis (9/7).

Liza menuturkan, setelah tiba kembali di Kota Tangerang, pengajar berusia 40 tahun tersebut mengalami sakit. Namun, tidak langsung dibawa ke rumah sakit lantaran memiliki riwayat penyakit paru-paru.

"Kemudian pengajar tersebut memilih untuk dirawat di pondok pesantren saja, dan yang merawat ustadz-ustadznya yang termasuk keluarga teman-teman sesama ustadz," tutur Liza.

Selang beberapa lama, pengajar tersebut tidak menunjukkan gejala membaik, malah semakin parah. Hal tersebut lah yang membuat ia dibawa ke RSUD Kota Tangerang pada 26 Juni 2020 lalu hingga dinyatakan positif Covid-19.

"Setelah diketahui positif, tim gugus tugas langsung melakukan tracing di ponpes tersebut dan ditemukan ada 15 orang di dalam ponpes yang memiliki kontak erat dan 6 lainnya merupakan keluarga dari 15 orang tersebut," jelasnya.

Namun, dari has tes swab tersebut hanya ada lima orang pengajar lainnya yang positif ikut terpapar Covid-19, namun tidak ditemukan gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Kita swab tanggal 26, tanggal 29 (hasil keluar) 3 dari 15 positif, positif kita bawa ke puskesmas Panunggangan Barat (rumah isolasi Covid-19)," kata dia.

"Kemudian pada 4 Juli kembali keluar hasil tes swab dari 15 orang tersebut bertambah 2 orang positif menjadi total 5 orang dinyatakan positif, sedangkan 10 dinyatakan negatif," pungkasnya. [ars]





Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds