Tidak Ada Pemilihan, Ketua DPW PAN Banten Ditentukan Pusat, Kok Bisa?

Politik  SABTU, 11 JULI 2020 , 20:11:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Tidak Ada Pemilihan, Ketua DPW PAN Banten Ditentukan Pusat, Kok Bisa?

Ketua SC Rakorwil PAN Banten Syamsudin Idris/RAG

RMOLBANTEN. Siapa yang akan menjadi Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Banten mutlak menjadi kewenangan pengurus pusat DPP PAN.

Tidak ada pemilihan ketua langsung tapi mekanismenya berganti, nantinya pengurus DPW yang akan merekomendasikan nama calon ketua kemudian DPP PAN yang menentukan.

Hal itu terungkap saat partai besutan Zulkifli Hasan ini menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di Kantor DPW PAN Banten, Sabtu (11/7).

Ketua Steering Committee (SC) Rakorwil PAN Banten Syamsudin Idris menuturkan untuk penentuan ketua DPW PAN Banten, pihaknya tidak menggunakan mekanisme pemilihan tapi diserahkan kepada DPP.

"Kita tidak dipilih secara langsung tapi kita rekrut bakal calon sebanyak-banyaknya, DPW sifatnya hanya mengusulkan siapa yang akan diseleksi oleh DPP, DPP yang memutuskan," ujarnya.

Mekanisme baru ini, dikatakan Syamsudin berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) atau Kongres V PAN yang digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Dulu masih menggunakan suara terbanyak, sekarang semenjak Munas kemarin itu maka diputuskan DPP yang memilih," tegasnya.

Mekanisme ini diambil, untuk menghindari gesekan yang sering terjadi jelang muswil terutama untuk daerah-daerah yang ikut jadi peserta Muswil.

Dirinya menuturkan siapapun kader internal partai PAN Banten bisa mencalonkan diri bahkan tidak  menutup kemungkinan ada dari luar, pihaknya akan mempertimbangkan itu.

"Kalau itu memenuhi syarat kenapa tidak, karena syarat menjadi ketua di PAN itu tidak terlalu kaku yang penting warga Indonesia. Siapa saja calon yang masuk dan memenuhi persyaratan yang akan diusulkan ke DPP," ucapnya.

"Semua berpeluang. Kejujuran dan integritas itu yang paling utama, bagi yang mau mencalonkan yang penting punya kejujuran dan integritas," ujarnya.

Siapapun calon yang direkomendasikan oleh DPD Kabupaten/Kita hal itu tidak akan berpengaruh karena mekanismenya sekarang DPP PAN yang menentukan.  

Sebelumnya diberitakan empat nama beken mencuat ke permukaan untuk jadi ketua partai berlambang matahari tersebut.

Keempat nama beken tersebut yakni petahana yang saat ini masih menjabat Ketua DPW PAN Banten Masrori, Walikota Serang Syafrudin yang juga menjabat Ketua Majelis Penasehat Partai Daerah (MPPD) PAN Kota Serang.

Kemudian ada Ketua Fraksi PAN DPRD Provinsi Banten sekaligus Bendahara PAN Banten Dede Rohana Putra dan ketua DPD PAN Pandeglang Hadi Mawardi.

Keempat nama beken tersebut  tengah bergerily melakukan lobi-lobi untuk mendapatkan dukungan suara untuk duduk di singgasana ketua PAN Banten. [dzk]

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

Rekomendasi Gerindra Untuk Muhamad-Rahayu Saraswati

The ads will close in 10 Seconds