Bukit Bongbang, Wisata Baru Di Kabupaten Lebak

Pariwisata & Budaya  SENIN, 13 JULI 2020 , 19:55:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Bukit Bongbang, Wisata Baru Di Kabupaten Lebak

Bukit Bongbang/RAG

RMOLBANTEN. Sebagai daerah pegunungan Kabupaten Lebak menyimpan sejuta potensi wisata alam, salah satunya Bukit Bongbang l yang berada di atas Kampung Cikupa, Desa Cikarang, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak.

Suasana sejuk khas pegunungan akan dirasakan wisatawan saat berkunjung ke bukit yang dikelilingi oleh gunung-gunung, pemandangan sebelah timur nampak diantaranya Gunung Gadung dan Gunung Angsana.

Dibawah bukit, terdapat hamparan pesawahan, air terjun Simerak di kaki Gunung Gadung sebelah timur yang bisa ditempuh sekitar 30 menit dari atas Bukit Bongbang.

Tak jauh dari tempat itu, terdapat aliran Sungai Cilaki yang membelah perkampungan. Aliran sungai yang dipenuhi bebatuan itu sekaligus menjadi batas antara Kampung Cikoneng dan Kumpay, Kecamatan Sajira dengan Kampung Handam, Kecamatan Muncang.

Bukit Bongbang dengan luas sekitar dua hektar itu berada 2.500 meter di atas permukaan laut. Saat dini hari saat cuaca baik, pengunjung akan menikmati pemandangan indahnya awan yang berada di kaki bukit.

Ketika siang hari, pengunjung akan disuguhkan taman bunga yang berada di puncak bukit. Tak kalah menarik saat malam hari, lampu lampu terang perkotaan kawasan Bogor dan Tangerang nun jauh disana yang berderet seakan menjadi batas antara gunung dan langit.

Meski saat ini masih proses, untuk memberikan kenyamanan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata Bukit Bongbang, pengelola akan menyediakan fasilitas kolam renang, villa dan tempat selfie.

Untuk mencapai lokasi Bukit Bongbang dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari pusat Kota Rangkasbitung dengan mengendarai sepeda motor.

Adapun rute menuju lokasi dari Rangkasbitung -Sajira-Muncang, Rangkasbitung-Leuwidamar-Muncang atau dari arah Bogor -Cipanas- Muncang.

Pengelola tempat Wisata Bukit Bongbang, Asep Alibuni mengatakan untuk menikmati keindahan alam di Bukit Bongbang, pengunjung hanya dibebankan tiket masuk termasuk parkir kendaraan Rp5 Ribu.

Agar wisatawan menikmati keindahan alam Bukit Bongbang lebih lama lagi, dikatakan Asep pengunjung bisa berkemah dengan membawa alatnya kemah sendiri.

"Jika tidak ingin repot, pengunjung bisa menyewa tenda atau villa yang telah disediakan pengelola," katanya, Senin (13/7).

"Sebagai warga Lebak, kami ingin ikut memberikan sumbangsih sebagai dukungan nyata khususnya kepada Pemkab Lebak, sesuai dengan visi Ibu Bupati menjadikan Lebak sebagai kawasan wisata," tutupnya. [ars]

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

Rekomendasi Gerindra Untuk Muhamad-Rahayu Saraswati

The ads will close in 10 Seconds