BIN Gelar Rapid Test Dan Swab Massal Di Kota Tangerang

Kesehatan  RABU, 15 JULI 2020 , 10:51:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

BIN Gelar Rapid Test Dan Swab Massal Di Kota Tangerang

Rapid test BIN di Kota Tangerang/Aul

RMOLBANTEN. Tim Medical Badan Inteligen Negara (BIN) menggelar Rapid Test dan Test PCR gratis di Halaman Masjid Ar Rayyan, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Rabu (15/7).

Rapid Test tersebut dimulai sejak pagi pukul 08.00 sampai pukul 14.00 WIB siang nanti.

Brigjen TNI Irwan Mulyana, Ketua Pelaksana Harian Sub Gugus Tugas BIN mengatakan, pihaknya menyiapkan 40 tenaga medis dan dua mobil laboratorium untuk pemeriksaan tersebut.

"Kita awalnya menggelar Rapid Test dulu, setelah ditemukan ada yang reaktif baru kita akan lakukan tes PCR atau swab test," kata Irwan.

Irwan mengungkapkan, dipilihnya Kota Tangerang untuk digelar Rapid Test masal lantaran adanya permintaan dari Pemerintah Daerah. Tak hanya itu, Kota Tangerang juga merupakan kota penyangga ibu kota yang masih dalam kategori rawan penyebaran Covid-19.

"Pemilihan lokasi berdasarkan permintaan dari Pemda, karena mungkin ats pertimbangan daerah ini cukup rawan, kita sudah beberapa kali melakukan kegiatan, baik di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur," jelas Irwan.

Namun, ia tetap meminta masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan mengikuti aturan pemerintah daerah maupun pusat dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Ini tidak ada artinya bila masyarakat tidak disiplin, apalagi kedepannya kita akan menghadapi tatanan hidup baru, dan harus terbiasa dalam kehidupan kita," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menambahkan, terdapat 500 alat Rapid Test yang disiapkan oleh tim Medical BIN. Sementara untuk alat Test PCR sekira 300 unit.

Namun, Arief meminta untuk tes PCR dapat dilakukan pula kepada pasien Covid-19 yang sudah dalam perawatan supaya segera mengetahui apakah sudah terbebas dari paparan Covid-19.

"Karena tadi beliau menceritakan pemerintah pusat begitu konsen agar masyarakat yang terkena Covid-19 segera sehat, sudah penelitian dari Unair (Universitas Airlangga), ada yang 24 jam ada yang 72 jam sudah bisa sembuh," demikian Arief. [ars]

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

Rekomendasi Gerindra Untuk Muhamad-Rahayu Saraswati

The ads will close in 10 Seconds