TNI/Polri Buka 11 Hektare Lahan Untuk Ketahanan Pangan Di Tangerang

Keamanan  JUM'AT, 17 JULI 2020 , 19:07:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

TNI/Polri Buka 11 Hektare Lahan Untuk Ketahanan Pangan Di Tangerang

TNI-POLRI Buka lahan pertanian/AUL

RMOLBANTEN. Di tengah pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja hingga banyak yang kehilangan mata pencahariannya.

Beranjak dari hal tersebut, Polsek Jatiuwung bersama Koramil Jatiuwung menggandeng masyarakat untuk membuka lahan perkebunan di Saung Banksasuci, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang untuk menampung masyarakat yang terdampak Covid-19.

"Covid-19 tentu berdampak langsung pada perekonomian masyarakat, salah satunya ketahanan pangan Indonesia, untuk itu kami menggandeng masyarakat untuk ikut berperan aktif," kata Kabarhakam Mabes Polri, Komjen Pol Agus Andrianto saat mengunjungi Saung Banksasuci, Jumat (17/7).

Ia mengatakan, kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak Juni 2020 lalu hingga terdapat 18 cluster yang berhasil dibuka lahan. Adapun para petani yang ikut menanam di lahan tersebut merupakan masyarakat sekitar yang terkena dampak Covid-19.

"Tadi Pak Kapolsek bilang bahwa semua masyarakat yang ikut bersama menanam pangan disini merupakan warga yang mau secara sukarela, awalnya hanya lima orang dalam satu klaster, saat ini sudah ada 25 orang di dalam satu klaster," kata Komjen Agus.

Adapun luas lahan tersebut yakni sekira 11 hektar. Nantinya, lahan tidur tersebut akan ditanami berbagai macam hasil pangan pertanian dan peternakan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sekitar.

"Saya harap, ini memicu semangat rekan-rekan TNI/Polri di wilayah yang lain tentunya yang mungkin memiliki lahan tidur yang lebih banyak lebih luas tentunya ini bisa melakukan hal yang sama," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Komjen Agus mewakili Alumni Akabri '89 memberikan bantuan untuk pemberdayaan masyarakat tersebut senilai Rp. 100 juta dan untuk Banksasuci sebesar Rp. 50 juta. [ars]





Komentar Pembaca
UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

Suasana Penyambutan Imam Besar FPI

SELASA, 10 NOVEMBER 2020 , 09:33:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds