Komunitas Ojol Bantu Tambah Persediaan Darah Di PMI Tangsel

Kota Tangerang Selatan  RABU, 22 JULI 2020 , 16:37:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Komunitas Ojol  Bantu Tambah Persediaan Darah Di PMI Tangsel

Komunitas Ojol/LAN

RMOLBANTEN. Adanya kelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketujuh perpanjangan keenam untuk wilayah Tangsel, diharapkan berbagai lini sektor yang terdampak Covid-19 bisa bangkit.

Salah satunya sektor kesehatan terkhusus ketersediaan stok darah di Kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Tangsel, yang terkena dampak ketersediaan darah.

Untuk itu, komunitas ojek online (ojol) yang tergabung dalam Komunitas Elit Squad menggelar aksi donor darah dengan mendatangi Kantor UDD PMI Tangsel di Jalan Cendekia, Ciater, Serpong, Tangsel.

Ketua Umum Komunitas Elite Squad, Herman menegaskan, mengapresiasi langkah Pemkot Tangsel dengan menerapkan kelonggaran di masa PSBB dan memperbolehkan ojek online mengangkut penumpang.

Diberikannya kelonggaran tersebut, Komunitas Elite Squad ingin membantu pemerintah dengan cara membantu ketersediaan stok darah, yang selama ini sedikit berkurang karena ketakutan masyarakat berdonor di saat pandemi Covid-19.

"Kami dari Komunitas Elite Squad sudah membuktikan berdonor tapi tetap aman dengan protokol kesehatan ketat yang diterapkan oleh PMI," terang Herman di Kantor UDD PMI Tangsel, Rabu (22/7).

Herman juga mengimbau dan mengajak komunitas ojol lainnya agar berdonor darah tanpa rasa takut akan tertular Covid-19. Karena, mendonor darah itu tidak tertular.

"Karena itu kami menghimbau dan mengajak komunitas lainnya dan masyarakat umum untuk tetap berdonor darah meskipun kita sedang berada di tengah wabah," paparnya.

Sementara itu, Staff Pelayanan Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2S) UDD PMI Tangsel, M Fajar menilai langkah komunitas ojol seharusnya bisa menjadi langkah bagus untuk ditiru.

"Ini yang kita butuhkan, peran serta semua elemen masyarakat untuk berdonor, meski pandemi seperti ini, ada masyarakat yang tetap ingin membantu sesamanya. Berdonor disaat Pandemi Covid-19 ini aman, karena kami menerapkan protokol keamanan yang sesuai di masa pandemi seperti ini," jelas Fajar.

Ia menjelaskan, adanya puluhan ojol yang mendonor darah sedikit membantu ketersediaan stok darah di UDD PMI Tangsel.

"Stok darah kita di masa pandemi Covid-19 ini sekarang bisa dibilang pas-pasan karena instansi sekolah, kampus dan perkantoran banyak membatalkan kegiatan donor darah. Dengan, kegiatan dari komunitas Elit Squad hari ini sangat membantu kami, dengan penambahan stok darah ini. Kita harap, kita bisa optimal dan maksimal dalam melayani kebutuhan darah masyarakat," tutupnya. [ars]






Komentar Pembaca
Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

Pos Terpadu Covid-19

Pos Terpadu Covid-19

KAMIS, 17 SEPTEMBER 2020 , 16:08:00

Sabu Di Blender

Sabu Di Blender

SELASA, 22 SEPTEMBER 2020 , 13:16:00

The ads will close in 10 Seconds