Tepis Istana Jadi Kluster Covid-19, Setpres Pastikan Telah Jalankan Protokol Ketat

Politik  MINGGU, 02 AGUSTUS 2020 , 00:34:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Tepis Istana Jadi Kluster Covid-19, Setpres Pastikan Telah Jalankan Protokol Ketat

Gubernur Kepri Isdianto saat dilantik Presiden Jokowi/Net

RMOLBANTEN. Dalam bulan Juli lalu, dua kepala daerah terkena infeksi virus corona baru atau Covid-19. Menariknya dua pejabat daerah ini dinyatakan positif corona usai berkunjung ke Istana Kepresidenan.

Terbaru adalah Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto yang positif corona usai menghadiri pelantikan dirinya sebagai gubernur.

Sebelumnya, Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, dinyatakan positif corona usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana.

Kejadian tersebut tentunya memberi tekanan tersendiri terhadap pihak Sekretariat Presiden soal pelaksanaan protokol kesehatan di Istana. Istana pun ditengarai menjadi cluster baru penularan virus corona.

Supaya tak makin simpang siur, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menegaskan bahwa Istana Kepresidenan di Jakarta bersih dari potensi penularan corona.

"Kami sudah melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, yaitu Gubernur Kepri dan keluarga dan pejabat terkait pada saat hadir dilakukan swab di Jakarta," ujar Heru melalui video yang diunggah akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (1/8).

Heru juga memastikan prosesi pelantikan Isdianto oleh Presiden Jokowi telah menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan memakai masker.

Bahkan saat itu Presiden tidak langsung menyerahkan Keppres pengangkatan Isdianto sebagai Gubernur Kepri.

"Tetapi disiapkan di satu meja yang tidak jauh dari berdirinya Gubernur Kepri, dan Gubernur Kepri mengambil sendiri berkas itu. Artinya sudah melaksanakan dan menjaga kondisi-kondisi sesuai protokol kesehatan," terangnya.

"Prosesi selanjutnya adalah pada saat pelantikan kami tidak banyak mengundang para pejabat, dan hanya dihadiri oleh keluarga dan pejabat tertentu," demikian Heru Budi Hartono dilansir dari Kantor Berita Politik RMOLID. [dzk]



Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds