40 Kasus Positif Covid-19, Corona Di Kota Tangerang Kembali Meroket

Kesehatan  SENIN, 03 AGUSTUS 2020 , 13:01:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

40 Kasus Positif Covid-19, Corona Di Kota Tangerang Kembali Meroket

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah/AUL

RMOLBANTEN. Kota Tangerang kembali dihadapkan pada kasus positif Covid-19 yang melonjak tajam. Peningkatan tersebut yakni mencapai 40 kasus positif dalam dua minggu terakhir.

"Memang kondisi minggu kemarin kurang lebih ada lonjakan 40 kasus, padahal minggu sebelumnya dalam seminggu hanya 2 kasus, memang terjadi lonjakan kasus," terang Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, Senin (3/8).

Arief menuturkan, lonjakan kasus tersebut membuat positivity rate Kota Tangerang kembali naik ke angka 3,9 persen dari sebelumnya 0,1 persen.

"Dari data ini menunjukkan bahwa positivity rate kita meningkat dari angka 0,1 persen ke 3,9 persen maka kewaspadaan harus meningkat," kata Arief.

Dari data yang diperoleh, Arief menuturkan, 46 persen dari total 40 sekian kasus terjadi karena kontak erat. Dimana, orang positif tanpa gejala tersebut menularkan kembali ke kerabat dan orang yang perang berinteraksi dengannya.

"Terus 11 persen karena interaksi sosial, 11 persen faskes, lalu 26 persen 17 kasus cluster perkantoran, dari 15 kasus dari 17 itu dilaporkan dari DKI, jadi 15 dari perkantoran DKI," ujar Arief.

Sementara itu, terdapat 13 kasus yang berasal dari kontak erat pasien dengan keluarga, empat kasus interaksi sosial umum, dan tiga kasus tenaga kesehatan.

"Tapi angka kesembuhannya tinggi di Kota Tangerang yakni mencapai 83,7 persen," jelasnya.

Ia pun meminta masyarakat untuk tetap menjaga diri, menjaga lingkungan, agar terhindar dari penularan Covid-19.

"Sekarang pemkot Tangerang terus dalam rangka operasi aman bersama kita berharap masyarakat itu tetap menaati protokol kesehatan Covid-19. jadi dalam rangka keamanan bersama gunakan masker jaga jarak, kita minta zemua disinfektan," tuturnya.

Ia pun mengimbau seluruh pengelola perkantoran agar memperbaiki ventilasi agar tidak ada lagi penularan di perkantoran-perkantoran di Kota Tangerang.

"kita juga buat surat edaran semua perkantoran seluruh perkantoran baik instansi pemerintah maupun swasta untuk memperhatikan ventilasi ruangan untuk menghindari terjadinya klaster-klaster perkantoran di wilayah Kota Tangerang," pungkasnya. [ars]



Komentar Pembaca
Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Kejaksaan Agung Kebakaran

Kejaksaan Agung Kebakaran

SABTU, 22 AGUSTUS 2020 , 20:07:00

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

The ads will close in 10 Seconds