PILWAKOT TANGSEL

Peluang Kalahkan Benyamin Davnie Terbuka Lebar, Begini Analisanya

Pemilukada  SENIN, 03 AGUSTUS 2020 , 20:57:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Peluang Kalahkan Benyamin Davnie Terbuka Lebar, Begini Analisanya

Direktur Visi Research and Consulting, Ali Irvan (kanan)/Net

RMOLBANTEN. Potensi mengalahkan Bacalon wailikota dan wakil walikota Tangerang Selatan Benyamin-Pilar Saga sangat terbuka bagi paslon lainnya Muhamad dan Siti Nur Aziah. Dua nama besar Prabowo Subianto dan KH Maruf Amin menjadi tambahan kekuatan tersendiri.

Demikian disampaikan Direktur Visi Research and Consulting, Ali Irvan dalam percakapannya dengan redaksi Kantor Berita RMOLBanten, Senin (3/8).

Ali Irvan mengurai analisanya.

Pertama pada figur Benyamin Davnie sendiri yang terlalu bergantung”, khususnya bergantung kepada keluarga dinasti Airin, baik secara politik apalagi finansial.

"Ini problem serius, karena Benyamin tidak akan leluasa untuk melakukan kerja-kerja politiknya selain semuanya tergantung dan dikendalikan oleh Pilar Saga sebagai trah dinasti Ratu Atut Chosyiah," terangnya.

Ali menyebut, jika ada masalah di tengah jalan selama Pikada di antara mereka bisa berakibat dihentikannya saluran logistik dari keluarga Pilar.

"Jika terjadi Benyamin bisa tamat," katanya.

Lama kelamaan, kata Ali Irvan, publik tahu dan melihat ketergantungan Benyamin yang tinggi kepada keluarga dinasti Airin-Wawan ini, publik juga tahu apa konsekwensi dari ketergantungan tersebut.

Kedua, ada pada angka strong voters pemilih Bennyamin-Pilar yang tidak  sampai separuh dari total pemilih Ben-Pilar seperti terlihat dari banyak survey.

Artinya lebih dari separuh pemilih Ben-Pilar berpotensi untuk berubah dan berpindah pilihan, meskipun tidak mudah untuk berpindah atau berubah karena perlu banyak alasan dan faktor, tetapi peluang tetap sangat terbuka dari aspek swing voters ini.

"Belum lagi ditambah dengan masyarakat yang belum menentukan pilihanan yang jumlahnya masih sangat tinggi, berkisar pada 20-30 persen," terang Ali Irvan.

Ketiga, situasi Covid-19 seperti saat ini membuat banyak sekali perubahan di masyarakat kita, termasuk dalam prilaku politik pemilih.

Perubahan tersebut, kata Ali, meniscayakan kebutuhan jumlah logistik yang jauh lebih banyak karena masyarakat dalam situasi susah dan tertekan secara ekonomi, masyarakat akan semakin permisif terhadap politik uang.

Akan tetapi, kata Ali Irvan, kerapuhan pada paslon Ben-Pilar itu tidak akan ada pengaruhnya sama sekali secara elektoral jika dua paslon lainnya tidak maksimal dan efektif memobilisasi sumberdaya politik yang dimiliki.

"Jadi, Benyamin yang saat ini unggul atas dua paslon lainnya berdasarkan hasil survei, bisa dikalahkan asal dua paslon lainnya segera turun dan langsung masuk pada kecepatan maksimum," katanya.

Kata Ali, diperlukan pendekatan-pendekatan baru yang lebih kreatif dan variatif karena ruang kampanye yang terbatas akibat pendemik menjadi terbatas dan waktu yang dimiliki juga sangat pendek.

"Harus diingat, kerja politik itu dimanapun tidak ada yang instan, diperlukan perencanaan yang matang dan kerja-kerja politik yang komprehensif," demikian Ali Irvan. [ars]



Komentar Pembaca
Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Kejaksaan Agung Kebakaran

Kejaksaan Agung Kebakaran

SABTU, 22 AGUSTUS 2020 , 20:07:00

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

The ads will close in 10 Seconds