Berjalan Kaki 41 Hari, Petani Dari Deli Serdang Tiba Di Kota Serang

Keamanan  SELASA, 04 AGUSTUS 2020 , 16:06:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Berjalan Kaki 41 Hari, Petani Dari Deli Serdang Tiba Di Kota Serang

Petani dari Deli Serdang tiba di Kota Serang/RAG

RMOLBANTEN. Setelah melakukan perjalanan selama 41 hari, Aksi jalan kaki petani Deli Serdang ke Istana Negara Jakarta untuk menemui Presiden Jokowi sudah sampai di pusat ibukota Provinsi Banten.

Petani yang tergabung dalam Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) Desa Simalingkar dan Serikat Tani Mencirim Bersatu (STMB) Desa Sei Mencirim, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang tiba di Kota Serang, Selasa (4/8) siang.

Kedatangan para petani Deli Serdang di Kota berjuluk Madani ini disambut puluhan mahasiswa dari berbagai elemen di Provinsi Banten yang turut menyemangati dan mendukung sikap petani untuk menyelesaikan konflik agraria.

Pantauan di lapangan ratusan petani tersebut langsung melakukan orasi di depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk meminta dukungan.

Setelah berorasi para petani beristirahat di alun-alun barat Kota Serang sebelum melanjutkan kembali aksi ke Ibu Kota Jakarta.

Dalam orasinya para petani meminta kepada pemerintah untuk membubarkan PTPN II dan berikan hak atas tanah kepada petani yang sudah menempati lahan sejak 1951 dengan progran reditribusi tanah dari negara yang diberikan kepada rakyat.

"Kami melakukan aksi jalan kaki sejak tanggal 25 Juni sampai dengan hari ini terhitung sudah 41 hari," kata Dewan Pembina Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) dan Serikat Tani Sei Mencirim Bersatu (STMB) Aris Wiyono.

"Tujuan kami adalah ke istana negara Jakarta karena kami merupakan korban dari pada penggusuran paksa yang dilakukan oleh perusahaan BUMN yang bernama PTPN II," ujarnya.

Diketahui para petani turun dari kapal di Dermaga 3 ASDP Merak pada Senin (3/8) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Kemudian 170 petani beristirahat di Gedung Cilegon Creative Center (GCC) untuk melepas lelah sekitar pukul 01.20 WIB.

Kedatangan para petani asal Deli Serdang itu disambut hangat oleh pengelola GCC, Aip Saifulloh. Pihaknya mengaku senang menyambut kedatangan mereka dan mempersilahkannya untuk bermalam.

"Alhamdulillah saudara kami petani Deli Serdang merasa senang disambut hangat dan mereka mengucapkan terimakasih banyak sudah disiapkan fasilitas bermalam nginap di GCC," ungkap Aip, Selasa (4/8). [ars]





Komentar Pembaca
Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Kejaksaan Agung Kebakaran

Kejaksaan Agung Kebakaran

SABTU, 22 AGUSTUS 2020 , 20:07:00

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

The ads will close in 10 Seconds