Kikis Citra Buruk, Dinas Satpol PP Kabupaten Serang Kedepankan Cara Humanis

Keamanan  RABU, 12 AGUSTUS 2020 , 10:47:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Kikis Citra Buruk, Dinas Satpol PP Kabupaten Serang Kedepankan Cara Humanis

Satpol PP Kabupaten Serang/Dok

RMOLBANTEN. Melalui penindakan dan pembinaan para pelanggar Perda secara humanis, Dinas Satpol PP Kabupaten Serang, ingin merubah citra di masyarakat.  

Image Satpol PP dinilai sebagai pihak yang menindas rakyat kecil. Aas dasar itu, pihaknya ingin merubah paradigma masyarakat tersebut.

Demikian disampaikan, Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Serang Ajat Sudrajat, belum lama ini.

Menurut Adjat dalam setiap kegiatan yang dilakukan Satpol PP, pihaknya selalu mengedepankan sikap humanis, misal dalam melakukan penertiban para pedagang kaki lima.

"Kita tidak ingin, masyarakat melihat kita ini sebagai penindas rakyat kecil, tapi kita sebetulnya sedang melindungi masyarakat,” terang Adjat.

Para pelanggar Trantibum, dalam penindakannya, kata Adjat, pihaknya melakukan pendekatan persuasif kepada para pelanggar.

Yakni, melalui standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan.

"Kita lakukan pendekatan, sosialisasi, dan pemberian pemahaman dulu kepada masyarakat yang melanggar,” ujarnya.

Lanjut Adjat, pihaknya menghindari sikap anarkis dalam setiap kegiatan penindakan. Baik yang dilakulan oleh masyarakat maupun yang dilakukan oleh petugas.

"Kita ingin dalam penindakan itu masyarakat juga memahami apa yang kami lakukan, salah satunya memberikan pemahaman terlebih dahulu,” terangnya.

Dalam setiap penindakan oleh Dinas Satpol PP, pada dasarnya untuk melindungi masyarakat. Seperti memberikan hak pada pejalan kaki di trotoar, menciptakan keindahan, ketentraman, ketertiban, hingga menindak penyakit masyarakat.

"Apa yang kita lakukan, semata-mata untuk melindungi masyarakat dan menciptakan ketentraman dan ketertiban umum,” demikian Adjat. [adv]




Komentar Pembaca
Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

Pos Terpadu Covid-19

Pos Terpadu Covid-19

KAMIS, 17 SEPTEMBER 2020 , 16:08:00

Sabu Di Blender

Sabu Di Blender

SELASA, 22 SEPTEMBER 2020 , 13:16:00

The ads will close in 10 Seconds