HUT RI - 75

Lagu Indonesia Raya Berkumandang, Penumpang Bandara Soetta Lakukan Sikap Hormat

Nusantara  SENIN, 17 AGUSTUS 2020 , 14:16:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Lagu Indonesia Raya Berkumandang, Penumpang Bandara Soetta Lakukan Sikap Hormat

Penumpang Bandara Soeeta serentak sikap hormat/AUL

RMOLBANTEN. Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 kali ini harus dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Hal itu pun memaksa masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan perayaan HUT RI dengan mengumpulkan masa seperti tahun-tahun sebelumnya.

Untuk mengingatkan masyarakat akan perjuangan para pahlawan, pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta meminta penumpang, petugas, dan seluruh tenan untuk berdiri sikap sempurna sambil mendengarkan lagu Indonesia Raya yang diputar di seluruh Terminal, Senin (17/8) tepat pukul 10.17 WIB.

"Kami pertama membunyikan sirine secara bersamaan pukul 10.00 WIB yang menandakan bahwa upacara dimulai, lalu dilanjutkan pukul 10.17 WIB nantikan lagu Indonesia Raya, seluruh penumpang diimbau untuk berdiri sempurna dan nyanyikan secara bersama-sama," kata Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang.

Pantauan di Terminal 3, saat pukul 10.00 WIB, alarm sudah dibunyikan melalui pengeras suara dengan diiringi dengan suara imbauan petugas agar seluruh pengguna jasa, petugas, dan tenan untuk menghentikan seluruh aktifitas dan berdiri.

Petugas Avsec pun lantas mengingatkan para pengguna jasa yang sedang berjalan untuk berhenti sejenak sambil mendengarkan naskah teks proklamasi dan lagu Indonesia Raya. Seluruh penumpang pun mengikuti imbauan, tak jarang yang mengabadikan momen tersebut sambil melakukan gerakan hormat.

"Semua, baik pengguna jasa, Avsec, pegawai tenan, petugas check in, petugas pemeriksa dokumen rapid test, karena itu imbauan nasional, bahkan gak di Soetta saja soal kegiatan berdiri sempurna," jelas Febri.

Namun, kewajiban sikap sempurna tersebut tidak berlaku bagi petugas Air Traffic Control (ATC). Pasalnya, petugas ATC harus terus tetap melaksanakan tugasnya untuk mengatur penerbangan.

"Penerbangan sementara memang disesuaikan agar tentu kalau ATC enggak, dan sifatnya urgent ya engga (wajib), itu dikecualikan," tuturnya.

Usai lagu Indonesia Raya dikumandangkan, aktifitas di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pun kembali normal. [ars]




Komentar Pembaca
Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

Pos Terpadu Covid-19

Pos Terpadu Covid-19

KAMIS, 17 SEPTEMBER 2020 , 16:08:00

Sabu Di Blender

Sabu Di Blender

SELASA, 22 SEPTEMBER 2020 , 13:16:00

The ads will close in 10 Seconds