Pencak Silat Untuk Bela Bangsa Dan Agama Bukan Untuk Gagah-gagahan

Pariwisata & Budaya  MINGGU, 30 AGUSTUS 2020 , 02:14:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Pencak Silat Untuk Bela Bangsa Dan Agama Bukan Untuk Gagah-gagahan

Foto: RAG

RMOLBANTEN. Menjadi pendekar yang handal dalam beladiri pencak silat bukan untuk hal yang negatif, tapi untuk membela diri, masyarakat, agama dan bangsa.

Pesan itu disampaikan Ketua PC PSNU Pagar Nusa Kota Serang KH Syaifun Nawasi usai membuka Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) 1 dan 2 di Pondok Pesantren Al-Fathaniyah, Kota Serang, Sabtu (29/08).

"Menjaga bangsa menjadi kewajiban bersama. Jadi, pendekar itu sekalipun kita bisa Pencak Silat tapi bukan untuk digunakan hal-hal yang negatif. Gunakan bela diri untuk membela diri, keluarga, masyarakat, agama dan bangsa," terangnya.

"Jadi manfaatkan kemampuan kita untuk sesuatu yang maslahat bukan untuk sesuatu yang mudhorot atau merugikan orang lain," sambungnya.

Harapan KH Syaifun para generasi Pagar Nusa kedepan menjadi manusia-manusia yang manfaat bagi dirinya, bagi masyarakat, agama dan bangsa.

Sementara, Ketua PW PSNU Pagar Nusa Provinsi Banten Mohammad Natsir mengatakan, Pagar Nusa punya kewajiban mutlak untuk melestarikan seni dan budaya pencak silat tanpa memandang aliran.

"Selanjutnya, merawat dan melestarikan ilmu-ilmu hikmah baik wirid, sholawat dan lainnya. Juga ketabiban atau obat-obatan sebab ini adalah budaya tradisi yang harus kita jaga dan kawal di Nusantara," ucapnya.

Ketua Panitia UKT PC PSNU Pagar Nusa Kota Serang Ucu Syuhada menuturkan, Pencak Silat Pagar Nusa adalah wadah silaturrahim dari seluruh aliran perguruan pencak silat.

"Saya harap dengan adanya UKT Ini para santri/siswa harus konsisten untuk terus belajar dan berlatih jurus Pagar Nusa karena UKT adalah salah satu tahapan untuk menjadi warga/anggota Pagar Nusa," pungkasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Kejaksaan Agung Kebakaran

Kejaksaan Agung Kebakaran

SABTU, 22 AGUSTUS 2020 , 20:07:00

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

The ads will close in 10 Seconds