Jamu Dan Minuman Rempah Jaga Imunitas Tubuh Di Tengah Pandemi Covid-19

Ekbis  JUM'AT, 04 SEPTEMBER 2020 , 14:50:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Jamu Dan Minuman Rempah Jaga Imunitas Tubuh Di Tengah Pandemi Covid-19

Stan jamu/AUL

RMOLBANTEN. Pandemi Covid-19 membuat masyarakat sadar menerapkan hidup bersih dan sehat, terutama dalam hal makanan. Untuk itu, Tangcity Mall Tangerang menyediakan pusat kuliner sehat berbagai minuman dan jamu rumahan yang dikemas secara modern.

Sebut saja seperti liang teh khas Medan, bandrek dan susu jahe lemon dari Jawa Barat, berbagai jamu kemasan seperti kunyit asam, air lemon chia seed, teh jahe sereh khas Indonesia, sampai minuman segar rempah khas Cina, semua jajanan sehat itu tersedia di 'Rame-Rame Kuliner Sehat'.

Salah satu stan yang menyediakan minuman sehat dan menyegarkan adalah Pigu. Dikemas dalam botol 250-300 miligram, ternyata minuman berwarna kecoklatan dan dipenuhi potongan rempah ini memiliki cita rasa khas 'Negeri Panda'

"Kita menyebutnya home made peach gum drink karena kita mencampurkan berbagai macam rempah, biji-bijian dan juga ada buahnya," tutur Rino, penjaga stand Pigu.

Potongan dalam minuman tersebut seperti snow fungus yang merupakan varian jamur asal Cina yang sudah dikembangkan sejak abad ke 19. Lalu ada potongan biji teratai, goji berry, butiran barley, kurma merah, gum peach, dan lainnya.

"Pemanisnya juga kita pakai gula batu, jadi memang rasa manisnya tidak strong. Jadi sangat baik untuk kesehatan," ujarnya.

Ada pula minuman jamu yang dibuat oleh salah satu UMKM di Kota Tangerang, yang juga dikemas di dalam botol plastik.

"Kita buatnya di rumah, tanpa bahan pengawet atau gula buatan. Jadi kalau di suhu normal hanya kuat sehari, kalau di simpan di kulkas bisa seminggu,"ujar Wilda, pemilik jamu tersebut.

Wilda menyediakan berbagai macam jenis jamu, seperti kunyit asem, air lemon yang dicampur chiaseed, hingga bir pletok khas Betawi. Saat pandemi ini, wanita berkerudung ini mengaku, jamunya laris manis dipesan secara online.

"Kita pasarkan via Instagram, ada juga tiap pagi tetangga pesan, dan sekarang lewat pameran kuliner begini, alhamdulillah," ungkapnya.

Sementara, Laila (19), salah satu pengunjung di Rame-Rame Kuliner Sehat, mengaku, dia sengaja datang untuk berburu minuman yang bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya. Sebab keseharian, dia bekerja sebagai karyawan di salah satu lising dan juga harus kuliah.

"Biasanya saya minum jamu kunyit asem, nah kebetulan ada pameran kuliner sehat gini, sekalian saja beli untuk beberapa hari ke depan. Sama minum bandrek, enak buat ngangetin badan," tuturnya.

Di lain pihak, Iwan Nursandi selaku Chief Foodcourt Tangcity Mall mengatakan, bila pameran jajanan sehat ini bisa jangka panjang. Nantinya, pusat jajanan tersebut akan dipatenkan sebagai pusat UMKM jamu dan minuman rempah di Kota Tangerang.

"Ke depannya akan seperti itu, kalau mau cari jamu, pusatnya ada di Tangcity. Nanti akan kita cari lagi UMKM jamu dan minuman rempah yang ada di kota ini, untuk melengkapi yang ada," tutup Iwan. [ars]



Komentar Pembaca
Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

Pos Terpadu Covid-19

Pos Terpadu Covid-19

KAMIS, 17 SEPTEMBER 2020 , 16:08:00

Sabu Di Blender

Sabu Di Blender

SELASA, 22 SEPTEMBER 2020 , 13:16:00

The ads will close in 10 Seconds