Legislator PKS Tangsel Bentuk Komunitas Petani Urban

Parlemen  MINGGU, 06 SEPTEMBER 2020 , 18:43:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Legislator PKS Tangsel Bentuk Komunitas Petani Urban

Komunitas petani urban Tangsel/ARS

RMOLBANTEN. Dampak pandemi Covid-19 yang belum juga berlalu sampai hari ini adalah menurunnya ekonomi keluarga serta terbatasnya mobilitas sosial warga.

Salah satu yang paling terasa adalah ketahanan pangan keluarga yang sangat terpengaruh oleh dampak negatif Covid-19. Tidak terkecuali bagi warga perkotaan di Tangsel ini.

Berangkat dari pemikiran tersebut, Paramitha Messayu yang merupakan Anggota DPRD Kota Tangsel "millenial" asal PKS ini menginisiasi sebuah gerakan Urban Farming (pertanian kota) melalui Komunitas Petani Kota Tangsel (KPKT) di Perumahan Batan Indah, Setu, Minggu, (6/9).

Paramitha mengatakan pembentukan komunitas ini merupakan gerakan bersama membangkitkan kesadaran masyarakat sebagai solusi untuk meringankan beban keluaraga. Salah satunya adalah melalui aktivitas pertanian kota. Dalam hal ini hidroponik.

"Melalui komunitas ini, kita berupaya membangun kesadaran akan pentingnya isu ketahanan pangan keluarga. Dengan terwujudnya ketahanan pangan dibanyak keluarga di Tangsel, maka akan lebih mudah kita bertahan di era pandemi yang belum diketahui kapan berakhirnya," ujar Sekretaris Komisi II DPRD ini.

Paramitha menambahkan pertanian kota dengan memanfaatkan lahan di sekitar rumah telah menjadi  gaya hidup masyarakat perkotaan di sekuruh dunia.

"Karenanya wajib bagi kita untuk terus mendorong dan memberi perhatian lebih bagi tumbuhnya semangat kemandirian dan kepedulian akan ketahanan pangan keluarga", ungkap wakil rakyat dari Dapil Serpong-Setu ini

Dalam acara launching yang dihadiri 100 peserta ini, turut diberikan pelatihan dan 100 paket hidroponik. Sementara dalam KPKT ini, Paramitha bertindak sebagai founder sekaligus ketua. Duduk sebagai pembina komunitasnya adalah Ruhamaben, Calon Wakil Walikota pendamping Siti Nur Azizah. [ars]

Komentar Pembaca
Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

Pos Terpadu Covid-19

Pos Terpadu Covid-19

KAMIS, 17 SEPTEMBER 2020 , 16:08:00

Sabu Di Blender

Sabu Di Blender

SELASA, 22 SEPTEMBER 2020 , 13:16:00

The ads will close in 10 Seconds