Saraswati: Mau Daya Tahan Kuat, Berolahragalah Dengan Teratur

Olahraga  SENIN, 07 SEPTEMBER 2020 , 13:10:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Saraswati: Mau Daya Tahan Kuat, Berolahragalah Dengan Teratur

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo/Repro

RMOLBANTEN. Tubuh yang aktif bergerak akan memiliki kualitas kerja paru-paru dan jantung yang prima. Fungsi prima koordinasi organ, yang biasa disebut dengan istilah kardiovaskular ini, akan menjamin pasokan darah keseluruh tubuh, sekaligus membawa oksigen dan zat gizi menjadi lancar.

Demikian disampaikan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dikutip dalam catatan akhir pekannya di fanpage rahayusaraswawatidjojohadikusumo.

"Olahraga itu penting untuk menjaga kesehatan," terang putri Hashim Djojohadikusumo itu.

Menurut Saraswati, rutin bergerak akan memudahkan tubuh membuang tumpukan racun dan juga mengaktifkan kerja kelenjar getah bening dalam menjebak bakteri, virus dan zat asing lain, untuk kemudian dihancurkan oleh limfosit, sel darah putih khusus.

"Sistem ini sangat terbantu oleh aktifnya gerakan tubuh kita. Di sinilah fungsi vital olahraga dalam menjaga daya tahan," terang Saraswati.

Menurut Saraswati, berolahraga di pagi atau sore hari juga membuat tubuh kita terpapar cukup sinar matahari yang mampu memicu produksi vitamin D. Di mana vitamin ini bisa bertahan dua kali lebih lama dalam darah, jika dibandingkan dengan vitamin D yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau makanan.

"Hampir semua vitamin tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Namun Vitamin D bisa, asal stimulannya, sinar matahari, didapat dalam jumlah cukup. Dan vitamin ini punya peran vital dalam tata kelola daya tahan tubuh manusia," ujar Saraswati.

Berhati-hati

Keponakan Prabowo Subianto ini mengingatkan, berolahraga harus sesuai proporsi. Karena bila terlalu berat dilakukan, energi tubuh bisa menjadi defisit dan efeknya daya tahan tubuh terpengaruh.

Selain itu, kata aktivis perempuan ini, harus diperhatikan asupan makanan serta minuman selama berolahraga. Jangan mengira karena sudah berolahraga bisa seenaknya makan dan minum.

"Justru saat berolahraga kita harus lebih memperhatikan apa yang kita makan dan minum, karena mencegah efek perusakan radikal bebas berlebihan yang potensial juga menurunkan daya tahan tubuh," kata Saraswati.

"Usahakan hanya minum air putih sebelum, selama, dan sesudah berolahraga. Dengan rutin berolahraga daya tahan tubuh kita akan terjaga," sambungnya.

Kata Saraswati, olahraga bisa tidak berlaku untuk hasil instan, olahraga harus menjadi upaya berkesinambungan.

"Itu sebabnya kita harus berhati-hati dalam berolahraga, berlari lebih jauh, bersepeda lebih lama, dan lain sebagainya tidak menguatkan secara langsung daya tahan tubuh. Semua itu baru berguna bila disertai dengan gaya hidup yang sehat, pola makan, istirahat yang dijaga baik," demikian Saraswati.[dzk]

Komentar Pembaca
Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Kejaksaan Agung Kebakaran

Kejaksaan Agung Kebakaran

SABTU, 22 AGUSTUS 2020 , 20:07:00

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

The ads will close in 10 Seconds