Keluhkan Banyaknya Cukong Alsintan, Petani Sindangresmi Pandeglang Geruduk Kantor Dinas Pertanian

Kabupaten Pandeglang  RABU, 09 SEPTEMBER 2020 , 01:29:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Keluhkan Banyaknya Cukong Alsintan, Petani Sindangresmi Pandeglang Geruduk Kantor Dinas Pertanian

Petani Sindagresmi Pandeglang gelar unjukrasa/RAG

RMOLBANTEN. Banyaknya program pertanian tidak diiringi dengan transparansi tole of the game dan pengawasan yang baik alhasil banyak program menjadi tambang emas bagi cukong atau bandit.

Demikian disampaikan Korlap aksi M Rizal Saepullah dari gerakan petani sindangresmi (GPS) saat melakukan aksi depan Kantor Dinas pertanian Pandeglang, Selasa (8/9).

Program-program yang menjadi tambang emas bagi para cukong diantaranya adalah bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Beratus - ratus unit alsintan diturunkan namun tak dirasakan keberadaan dan manfaatnya oleh petani.

"Mengapa itu terjadi, karena program alsintan hanya menjadi komoditas jual beli bagi para elit petani dalam hal ini adalah oknum Gapoktan dan Dinas," ucapnya.

Dikatakan Rizal, kasus jual beli alat mesin pertanian seakan sudah menjadi rahasia umum padahal dalam mengakses bantuan hibah alsintan para cukong tsni tersebut menjual nama-nama petani yang dicatat sebagai anggota kelompok tani.

"Namun ketika alsintan yang notabene bantuan hibah itu turun ternyata sampainya pada cukong atau bandit bukan pada petani.  Kelompok atau siapapun yang berminat memiliki alsintan tersebut harus menembus dengan harga fantastis," ungkapnya.

"Ketika tiba saatnya masa pengolahan lahan petani tetap harus berhutang jasa traktor, berhutang benih dan berhutang pupuk padahal jika program bantuan pemerintah itu sampai pada petani persoalan tersebut sudah bisa dijawab sejak lama," ujarnya.

Atas dasar itu, kata Rizal gerakan petani Sindangresmi menggugat menuntut usut tuntas permainan jual beli alsintan, jual beli benih bantuan dan pelaku penyalahgunaan program pertanian lainnya.

"Sita semua alsintan, Tangkap dan adili para cukong yang telah menjual belikan bantuan alsintan dari pihak manapun. Bentuk dan tata kembali kelompok tani dengan mengedepankan musyawarah sebagai identitas negara," tutupnya. [ars]



Komentar Pembaca
Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

Penghargaan Habib Rizieq Pejuang NKRI

MINGGU, 12 DESEMBER 2021 , 00:10:00

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

Selebran Rachel Vennya Di Sidang

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:01:00

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

Jokowi Komitmen Tuntaskan Pelanggaran HAM

SABTU, 11 DESEMBER 2021 , 01:39:00

The ads will close in 10 Seconds