Wacana Penghapusan Syarat Keterangan Bebas Covid-19, Begini Kata Sufmi Dasco

Kesehatan  RABU, 09 SEPTEMBER 2020 , 22:11:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Wacana Penghapusan Syarat Keterangan Bebas Covid-19, Begini Kata Sufmi Dasco

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad/Repro

RMOLBANTEN. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan berencana akan menghapus surat keterangan rapid test atau swab test sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan melalui transportasi udara.

Wacana tersebut digaungkan lantaran dinilai kurang efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengaku kurang setuju dengan wacana tersebut. Ia menganggap adanya surat keterangan bebas Covid-19 melalui rapid dan swab test merupakan bentuk antisipasi.

"Minimal kalau menurut saya rapid test atau swab itu kan antisipasi walaupun kita kejar-kejaran dengan masa inkubasi dari virus itu," ujar Sufmi Dasco di Gedung Nusantara III DPR RI, Rabu (9/9).

Waketum Partai Gerindra ini mengakui jika adanya permasalahan mengenai waktu dan keakuratan kedua tes Covid-19 tersebut lantaran adanya masa inkubasi virus.

"Memang harus kita akui kadang ketika rapid tes ternyata hasilnya hari ini dia negatif itu belum masuk masa inkubasi, jadi belum terdeteksi, tapi antisipasi awal tetap perlu," kata Sufmi.

Legislator Dapil Tangerang Raya itu  meminta pemerintah untuk melakukan pengkajian mendalam sebelum mengeluarkan keputusan tersebut. Pasalnya, hal tersebut menyangkut keselamatan rakyat Indonesia.

"Kalau memang ditiadakan harus ada pengkajian yang lebih dalam sebelum hal ini diputuskan," demikian Sufmi Dasco Ahmad. [ars]

Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds