PILWAKOT TANGSEL 2020

Bawaslu Tangsel Ingatkan Paslon Untuk Tidak Kampanye Pasca Penetapan

Politik  KAMIS, 24 SEPTEMBER 2020 , 02:52:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Bawaslu Tangsel Ingatkan Paslon Untuk Tidak Kampanye Pasca Penetapan

Bakal pasangan calon Benyamin Davnie dan Pillar Saga saat mendaftar ke KPUD Tangsel/LAN

RMOLBANTEN. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tangsel yang mengikuti pleno penetapan bakal pasangan calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Tangsel mengingatkan kepada tiga bapaslon untuk tidak kampanye.

Tahapan kampanye sendiri akan dimulai pada 26 September mendatang. Hal itu tertuang di dalam Undang-undang Pemilu Nomor 1 Tahun 2015, dimana dilarang melakukan kegiatan kampanye di luar jadwal kampanye yang telah ditetapkan.

Anggota Bawaslu Tangsel, Slamet Santosa, menegaskan, jika ada temuan kegiatan kampanye akan ada sanksi yang menanti bagi bapaslon.
 
"Karena mereka sekarang ini sudah ditetapkan sebagai pasangan calon. Maka tentu kegiatan kampanye mereka itu diatur dalam tahapan kampanye. Jadi kalau ada kegiatan kampanye tiga hari kedepan sampai 26 September nanti maka akan ada sanksi," tutur Slamet di Kantor KPU Tangsel, Rabu (23/9).

Masih kata Slamet, sanksi yang akan diterima mulai dari pidana hingga denda berupa sejumlah uang.

"Sanksi pidana kurungan paling singkat 15 hari paling lama 3 bulan dan atau denda paling sedikit Rp 100 ribu dan paling banyak Rp 1 juta," ucapnya.

Bawaslu Tangsel pun akan turun melakukan pengawasan selama tiga hari kedepan termasuk saat pengambilan nomor urut bapaslon.

"Seperti besok pengambilan nomor urut akan kita awasi juga. Apakah ada unsur kegiatan kampanye yang dilakukan," terang Slamet.

Sebelumnya diberitakan, penetapan tiga pasangan calon tersebut sesuai dengan nomor 125/PL.022-PU/3674/03/KPU-Kot/IX/2020 dan sudah melewati pleno tertutup bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tangsel di Kantor KPU Tangsel, Rabu (23/9).

Ketiganya sudah memenuhi syarat yang sudah ditentukan dan akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni pengambilan nomor urut paslon, yang akan digelar Kamis (24/9) besok, di Swiss-belhotel Serpong.

Diketahui, Muhamad-Saraswati maju sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Tangsel diusung partai Gerindra, PDI-Perjuangan, PSI, PAN dan Hanura.

Sementara, Siti Nur Azizah-Ruhamaben diusung Demokrat, PKS dan PKB. Sedangkan, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan hanya diusung partai Golkar. [ars]





Komentar Pembaca
Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

Pos Terpadu Covid-19

Pos Terpadu Covid-19

KAMIS, 17 SEPTEMBER 2020 , 16:08:00

Sabu Di Blender

Sabu Di Blender

SELASA, 22 SEPTEMBER 2020 , 13:16:00

The ads will close in 10 Seconds